UMKM Memiliki Peluang Ekspor yang Luas

0
0

Bagikan Postingan:

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan mengatakan, UMKM memiliki peluang yang luas untuk dapat melakukan ekspor produknya ke pasar internasional.
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, total ekspor Indonesia pada tahun 2022 mencapai 291,98 miliar dollar AS. Namun demikian, ia menjelaskan saat ini terdapat perlambatan ekspor ke Amerika Serikat dan wilayah Eropa.
“Kami akan cari pasar-pasar yang non tradisional, itu cocok untuk UMKM. Mana itu? Asia Selatan, yaitu Pakistan, India, dan Bangladesh. Jangan kaget,” ujar dia dalam acara Legendary Brand Festival, Sabtu (25/2/2023).

Perdagangan Indonesia

Ia menjelaskan, perdagangan Indonesia dengan Bangladesh memiliki surplus sampai 2 miliar dollar AS. Sedangkan, surplus perdagangan dengan Pakistan mencapai 3 miliar dollar AS. Pun, perdagangan Indoensia dengan India juga mencetak surplus sebesar 9 miliar dollar AS. “Asia Selatan yang tidak kami lirik selama ini. Jadi kalau ekspor ke Bangladesh itu sepatu-sepatu itu laku 10 dollar, 8 dollar. Baju dan Pakaian muslim juga laku 3 sampai 4 dollar laku,” imbuh dia.

Indonesia Ekspor Mobil ke Australia, Menperin: Otomotif Kita Berdaya Saing Tinggi

Zulhas menekankan, pangsa pasar di Asia Selatan memiliki penduduk mencapai 2 miliar. Dengan begitu, produk UMKM Indonesia memiliki pasar yang sangat besar di Asia Selatan.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan pasar benua Afrika juga memiliki potensi yang tinggi. Benua Afrika sendiri disebut memiliki jumlah penduduk sampai 1,3 miliar orang.
“Banyak, punya uang, bisa beli. Kalau UMKM ekspor ke sana, mereka tidak cerewet. Kalau barat cerewet sekali. Asia Selatan agar cerewet, Afrika sama sekali tidak,” urai dia.

Untuk itu, Kemendag juga telah memudahkan ekspor untuk pelaku UMKM, salah satunya dengan perjanjian dagang pembebasan pajak masuk.

“Misalnya Timur Tengah itu bisa lewat UAE, itu pajaknya 0. Jadi UMKM bisa ekpor perhiasan, pakaian, makanan, apa saja tidak ada lagi pajak, zero,” tandas dia.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Bagikan Postingan:

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi