UMKM Jawa Tengah Terus Lebarkan Sayap ke Kancah Internasional

0
0

Bagikan Postingan:

Perkembangan dunia usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Provinsi Jawa Tengah terus mengalami peningkatan. Hal itu tak lepas dari upaya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang terus mempromosikan dan memajukan produk-produk lokal.
Terbaru, sebanyak 380 produk lokal dari 28 UMKM yang berada di Solo Raya di ekspor ke Perancis pada Jumat (7/7).

Pengiriman produk UMKM yang tergabung dalam Kerabat UMKM Solo Raya (Kersa) ini merupakan hasil kerja sama Pemkot Solo bersama Bank Indonesia, Bank Jateng, dan agregator dari Perancis, Fairindo.

Ekspor UMKM

Ganjar mengatakan peningkatan kualitas ekspor produk UMKM ke Perancis merupakan upaya pemerintah dalam menumbuhkan perekonomian kemasyarakatan. “Itu bagian dari ikhtiar kami untuk menduniakan UMKM ya. Maka terima kasih sama kawan-kawan yang di Perancis yang telah membantu UMKM kami sehingga itu memacu untuk terus ke sana, untuk makin di kenal, mendunia,” ujar Ganjar, Senin (10/7).

Rally 2023 Momentum Promosikan Kawasan Danau Toba

Untuk Kota Solo, ekspor UMKM ke Perancis adalah upaya keberlanjutan dari pelepasan ekspor pertama yang di lakukan pada Desember 2022 lalu.

Ekspor UMKM itu di kepalai Mathieu Mergans, selaku Kurator sekaligus CEO Fairindo. Dalam kesempatan itu, Ganjar pun hadir dan melepas langsung satu kontainer berisi produk-produk UMKM yang di tampilkan dalam acara produk UMKM Jateng Goes to France ‘Bienvenue au Marché Français’ di Solo Techno Park.

Berdasarkan informasi, hingga tahun 2022, jumlah UMKM di Jawa Tengah berjumlah 17.821 dengan total omzet mencapai Rp 68,484 triliun. Angka itu menjadikan Jawa Tengah dengan produktivitas UMKM lokal terbanyak. Selain itu, UMKM Jawa Tengah juga berhasil menyerap jutaan tenaga kerja. Tercatat 1,3 juta pekerja sukses mendapatkan penghasilan di semua bidang produk UMKM. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkomitmen untuk terus mendukung, memberikan pelatihan dan mendampingi pelaku UMKM. Dengan harapan, produk-produk lokal karya anak bangsa dapat di pamerkan dan bersaing di luar negeri.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi