UMKM asal Semarang Rambah Pasar Australia hingga Amerika Serikat

Tahu Baso dan Sale Pisang asal Semarang Rambah Pasar Australia hingga Amerika Serikat
0
0

Bagikan Postingan:

Salah satu produk hasil usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tahu bakso ‘Tomell’ dan sale pisang ‘Rodjo Sale’ berhasil merambah pasar Australia dan Amerika Serikat.

Produk hasil PT Kingkaf Makmur Sejahtera yang digeluti Ika Yuanita tersebut terus berinovasi untuk memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan produknya. Wanita asal Semarang, Jawa Tengah itu juga mampu memasarkan produknya hingga ke Jepang.

Ekspor UMKM

Ika mengakui, tahu bakso dan sale pisang adalah produk buatannya yang paling banyak diminati.Tahu bakso olahan Kingkaf ini mampu bertahan hingga delapan bulan dalam suhu ruang karena dikemas dengan menggunakan teknologi modern.

“Kingkaf melihat peluang dari orang-orang Indonesia yang sangat menyukai cemilan. Para diaspora Indonesia di luar negeri pasti tidak mudah untuk menemukan cemilan yang familiar di lidah mereka. Betul saja, cemilan tahu baso dan sale pisang menjadi makanan yang disukai para diaspora, terutama di Amerika Serikat dan Australia,” tutur Ika saat ditemui di sela pameran pada Rapat Kerja Kementerian Perdagangan, di Hotel Padma Semarang, Jawa Tengah, Rabu (21/2/2024) seperti dikutip dari keterangan resmi.

Ika menyatakan, sale pisang Kingkaf diperoleh dari petani pisang di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pisang yang digunakan tidak pernah dibeli dari penjual, tapi langsung dari petani sehingga dalam kondisi matang yang sesuai. Pisang yang digunakan juga pisang khusus, yaitu pisang silangan yang memiliki tekstur lebih kenyal.

“Berbagai produk Kingkaf akhirnya bisa merambah pasar internasional. Mulai dari Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, dan Singapura.

Kingkaf memanfaatkan penjual ulang yang ada di negara-negara tersebut untuk memasarkan produknya. Khusus untuk pasar Amerika Serikat, Kingkaf rutin mengirim produk tahu bakso dan sale pisang setiap bulan. Kingkaf juga memiliki toko di Brisbane, Australia untuk membantu merambah pasar di negeri kanguru tersebut,” ujar Ika.

Perdana! Sumut Ekspor 16,8 Ton Manggis Senilai Rp 1 M ke China

Ika mengungkapkan, terdapat banyak tantangan yang harus dilalui Kingkaf sebelum sukses seperti saat ini. Kingkaf didirikan pada 2017 dengan produk awal kopi robusta, arabika, dan liberika. Kopi-kopi tersebut dipetik dari petani-petani binaan dinas bidang pertanian Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.

Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi