Uji Coba Kereta Cepat, Kecepatan Akan Ditingkatkan hingga 385 Km Per Jam

0
0

Bagikan Postingan:

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) melalui Kontraktor Kereta Api Cepat Jakarta Bandung melakukan Hot Sliding Test kembali pada jalur KCJB.

Berbeda dengan sebelumnya, pengecekan kali ini di lakukan dengan menggunakan Comprehensive Inspection Train (CIT).

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, pengujian kali ini merupakan lanjutan dari hot sliding test yang telah di lakukan pada Jumat (19/5/2023).

Tes Kereta Cepat

Berdasarkan evaluasi hari pertama, pengetesan berjalan lancar dan kemudian di lanjutkan dengan perjalanan CIT untuk kembali memastikan kesiapan seluruh jaringan Overhead Catenary System (OCS).

“Kali ini hot sliding test di lakukan dengan menggunakan rangkaian kereta inspeksi yang di jalankan dari Depo Tegalluar hingga ke Stasiun Halim dengan kecepatan terbatas rata-rata 60 km/jam. Dengan peralatan yang lebih lengkap, pada tahap ini kereta inspeksi di gunakan untuk melakukan assessment terhadap OCS di jalur KCJB,” kata Emir dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (21/5/2023).

Ada KTT ASEAN, Bandara Komodo Beroperasi 24 Jam dan Layani Extra Flight

Emir mengatakan, dengan menggunakan CIT, aliran listrik yang ada di jaringan OCS dapat diukur dengan lebih rinci terkait kemampuan dan kestabilannya dalam memberikan tenaga untuk sarana KCJB.

CIT atau kereta inspeksi tersebut, kata dia, di desain untuk mengukur berbagai kondisi prasarana KCJB mulai dari kelistrikan, kondisi jalur, persinyalan, dan berbagai fasilitas operasi KCJB lainnya.

“Setelah di lakukan tes, KCIC bersama para kontraktor dan konsultan yang di tunjuk akan melakukan berbagai evaluasi atas data-data yang di dapatkan. Secara bertahap, pengetesan akan di lanjutkan ke fase pengujian untuk semua sistem secara terintegrasi,” ujarnya.

Penyesuaian Kereta Api Cepat

Emir mengatakan, pada tahap tersebut, kereta cepat akan di jalankan secara rutin untuk mengecek integrasi sistem persinyalan, telekomunikasi, OCS, stasiun, dan berbagai subsistem lainnya.

“Perjalanan sarana KCJB juga secara bertahap akan di tingkatkan kecepatannya hingga mencapai kecepatan teknis maksimalnya yaitu 385 km/jam,” tuturnya.

Emir mengatakan, setelah seluruh tahapan tersebut di lalui dengan baik, akan di lanjutkan dengan sertifikasi laik operasi dari Kementerian Perhubungan dan pelaksanaan trial run KCJB.

Lebih lanjut, ia mengatakan, selama masa pengujian berbagai sarana dan prasarana KCJB, masyarakat di minta untuk tetap berhati-hati karena jumlah perjalanan KA Cepat mulai meningkat.

“Kami melihat antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap perjalanan perdana KA Cepat di sepanjang jalur KCJB. KCIC berharap, masyarakat tetap dapat berhati-hati, menjaga jarak, tidak bermain layangan, dan beraktivitas di dalam jalur KCJB,” ucap dia

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi