Tradisi Unik dan Khas saat Merayakan Lebaran Ramadan di Berbagai Negara

Tradisi Unik dan Khas saat Merayakan Lebaran Ramadan di Berbagai Negara
0
0

Bagikan Postingan:

Lebaran Ramadan adalah perayaan agama yang paling penting bagi umat Muslim di seluruh dunia, meskipun di setiap negara ada tradisi yang berbeda dalam merayakan Lebaran Ramadan, semua negara memiliki satu kesamaan yaitu perayaan lebaran yang penuh dengan kebersamaan dan kegembiraan.
Idul Fitri
Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tradisi unik dan khas saat merayakan Lebaran Ramadan di berbagai negara.

Kalau di Indonesia tradisi Lebaran erat kaitannya dengan halalbihalal, memberikan Tunjangan Hari Raya (THR), dan mengenakan pakaian baru. Tapi, tahukah kamu kalau tradisi Lebaran di berbagai negara itu mempunyai keunikannya masing-masing?

Perayaan Lebaran

Biasanya hal ini disesuaikan dengan budaya di setiap negara. Ada yang melakukan tradisi Lebaran sungkem dengan keluarga, merayakan dengan festival, hingga perang telur.

Pokoknya setiap negara memiliki ciri khasnya masing-masing, deh. Apalagi Lebaran hanya di rayakan satu sekali dalam setahun.

Penasaran nggak ada apa aja pada tradisi Lebaran di berbagai negara? Simak ulasan lengkapnya, ya!

  • Indonesia

Di Indonesia, tradisi terbesar saat merayakan Lebaran Ramadan adalah mudik. Mudik adalah tradisi di mana orang-orang kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran Ramadan bersama keluarga dan teman-teman. Selain mudik, tradisi lain yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah saling memaafkan, mengenakan pakaian baru, dan mempersembahkan ketupat atau hidangan khas lainnya saat berkunjung ke rumah keluarga dan teman.

  • Malaysia

Di Malaysia, tradisi yang paling penting dalam merayakan Lebaran Ramadan adalah berziarah ke kuburan orang yang telah meninggal. Ini adalah tradisi yang berakar pada masa lampau, ketika orang-orang percaya bahwa mengunjungi kuburan pada hari raya Lebaran Ramadan dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan. Selain itu, orang Malaysia juga merayakan Lebaran Ramadan dengan menghias rumah dan memasak hidangan khas seperti ketupat, lemang, dan rendang.

Facebook Sebagai Platform Peluang Bisnis dan Meperluas Jangkauan Secara Online

  • Maroko

Di Maroko, tradisi terbesar saat merayakan Lebaran Ramadan adalah berdoa dan mengunjungi makam leluhur. Orang-orang Maroko juga menghias rumah mereka dengan lampu-lampu yang indah dan memasak hidangan khas seperti kebab, tajine, dan pastilla. Selain itu, orang Maroko juga sering memberikan hadiah-hadiah seperti uang atau pakaian baru kepada keluarga dan teman saat merayakan Lebaran Ramadan.

  • Arab Saudi

Di Arab Saudi, tradisi yang paling penting dalam merayakan Lebaran Ramadan adalah berdoa dan berbuka puasa bersama. Orang-orang Arab Saudi biasanya berkumpul bersama di masjid atau rumah untuk berbuka puasa bersama dan melakukan doa bersama. Selain itu, mereka juga mempersembahkan hadiah-hadiah seperti uang atau pakaian baru kepada keluarga dan teman saat merayakan Lebaran Ramadan.

  • Turki

Di Turki, tradisi terbesar saat merayakan Lebaran Ramadan adalah membagikan makanan kepada orang yang membutuhkan. Orang Turki biasanya memasak hidangan khas seperti baklava, dolma, dan kebab, lalu membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, mereka juga menghias rumah dengan lampu-lampu yang indah dan saling mengunjungi keluarga dan teman untuk saling bermaaf-maafan.

  • Mesir

Di Mesir, tradisi yang paling penting dalam merayakan Lebaran Ramadan adalah menghias rumah dan memasak hidangan khas seperti ful medames, koshari, dan mahshi. Selain itu, orang Mesir juga menghabiskan waktu dengan berkumpul bersama keluarga dan teman, sambil saling memaafkan dan mengucapkan selamat Lebaran. Selain itu, di Mesir juga terdapat tradisi yang unik yaitu saling memberikan hadiah kue kering dan permen sebagai simbol kebahagiaan saat merayakan Lebaran Ramadan.

  • India

Di India, tradisi terbesar saat merayakan Lebaran Ramadan adalah menghias rumah dengan lampu-lampu yang indah dan memasak hidangan khas seperti biryani, haleem, dan kebab. Selain itu, orang India juga mengenakan pakaian baru dan saling berkunjung ke rumah keluarga dan teman, sambil saling memberikan hadiah sebagai simbol kebahagiaan saat merayakan Lebaran Ramadan.

  • Pakistan

Di Pakistan, tradisi yang paling penting dalam merayakan Lebaran Ramadan adalah berdoa dan berbuka puasa bersama di masjid atau rumah keluarga. Orang Pakistan juga menghias rumah mereka dengan lampu-lampu yang indah dan memasak hidangan khas seperti biryani, haleem, dan kebab. Selain itu, mereka juga mengunjungi keluarga dan teman untuk saling bermaaf-maafan dan memberikan hadiah sebagai simbol kebahagiaan saat merayakan Lebaran Ramadan.

  • Sudan

Di Sudan, tradisi terbesar saat merayakan Lebaran Ramadan adalah berdoa dan berbuka puasa bersama di masjid atau rumah keluarga. Orang Sudan juga memasak hidangan khas seperti asida, ful medames, dan tamiya, lalu membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, mereka juga saling berkunjung ke rumah keluarga dan teman untuk saling bermaaf-maafan dan memberikan hadiah sebagai simbol kebahagiaan saat merayakan Lebaran.

  • Palestina

Di Palestina, tradisi terbesar saat merayakan Lebaran Ramadan adalah berdoa dan berbuka puasa bersama di masjid atau rumah keluarga. Orang Palestina juga menghias rumah mereka dengan lampu-lampu yang indah dan memasak hidangan khas seperti musakhan, mansaf, dan maqluba. Selain itu, mereka juga saling berkunjung ke rumah keluarga dan teman untuk saling bermaaf-maafan dan memberikan hadiah sebagai simbol kebahagiaan saat merayakan Lebaran Ramadan

  • China

Umat musim di China juga melakukan ziarah saat merayakan Lebaran. Mereka akan berkunjung ke makam para leluhurnya untuk memberikan doa. Yang berbeda dari tradisi ini adalah mereka khusus melakukan ziarah untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan. Selebihnya sama dengan tradisi Lebaran di berbagai negara lainnya, yaitu setelah melaksanakan salat Idul Fitri mereka berkumpul dan bersilaturahmi serta bermaaf-maafan dan makan bersama.

  • Palestina

Maamoul adalah kue dengan isian kurma atau kenari lalu ditambah kacang-kacangan dan lapisan luarnya ditaburi gula halus. Kalau kue khas Lebaran di Indonesia itu biasanya ada nastar dan putri salju. Kita juga membuat kue kering Lebaran ini bersama keluarga bukan? Di Palestina pun mereka juga membuat maamoul bersama keluarga.

  • Australia

Selain berkumpul dan bersilaturahmi, Australia memiliki tradisi Lebaran yang unik yaitu mengadakan festival multikultur. Tradisi ini terbuka untuk umum termasuk melibatkan agama-agama lain agar datang berkunjung untuk memeriahkan festival.

  • Nigeria

Nigeria memiliki tradisi saat Idul Fitri yang terkenal dengan saling mengucapkan salam Barka Da Sallah yang berarti Salam Sejahtera di Hari Raya. Meski hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain, namun tingkat toleransi mereka cukup tinggi hingga bisa saling menghormati satu sama lain.

  • Jerman

Tradisi ketika hari raya Idul Fitri di Jerman adalah dengan saling bertukar hadiah. Hadiah bisa beragam, mulai dari makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya dengan cara bersilaturahmi ke rumah kerabat muslim terdekat.

  • Amerika

Amerika Serikat biasanya saat lebaran orang akan saling menelpon dan memberitahu melalui media sosial tentang 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri. Uniknya orang-orang akan mengenakan pakaian warna-warni  sesuai asal negaranya masing-masing. Hal ini karena mayoritas muslim di negara ini adalah imigran.

Merayakan Lebaran Ramadan memiliki tradisi yang berbeda-beda di setiap negara. Namun, semua tradisi tersebut memiliki satu tujuan yaitu memperkuat silaturahmi dengan keluarga dan teman serta saling memberikan kebahagiaan dan kebaikan.

Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi dan pemahaman lebih dalam tentang tradisi unik dan khas saat merayakan Lebaran Ramadan di berbagai negara.

Kami segenap dari Tim Nusantarawan Hebat, Mengucapkan Selamat merayakan Lebaran Ramadan!

Kalau sobat Nusantarawan Hebat punya tradisi Lebaran tersendiri nggak, nih, di keluargamu? Share di kolom komentar, yuk!

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional. Paket

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

Video Terbaru

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

2 komentar untuk “Tradisi Unik dan Khas saat Merayakan Lebaran Ramadan di Berbagai Negara”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat - Tips Berwisata Nyaman dan Aman saat Libur Lebaran Idul Fitri

  2. Pingback: Nusantarawan Hebat - Memanfaatkan Pinterest untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi