Tol Trans Jawa, Backbone Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Jawa

Tol Trans Jawa, Backbone Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Jawa
0
0

Bagikan Postingan:

Hadirnya Tol Trans Jawa memberikan dampak positif terhadap perekonomian. “Kegiatan perekonomian lebih terdistribusi dengan baik di seluruh Pulau Jawa, ditandai dengan munculnya kawasan-kawasan industri pada wilayah yang di lalui jalan tol Trans Jawa,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Transjawa Tol Rudi Kurniadi, Jumat (3/11/2023).

Dalam 4 tahun terakhir, kehadiran Tol Trans Jawa telah berkontribusi memberikan akses untuk kelancaran distribusi barang dan jasa di Pulau Jawa.

“Hingga saat ini jalan tol Trans Jawa menjadi backbone pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa,” tuturnya.

Tol Trans Jawa

Selain itu, jalan tol tersebut juga menghadirkan efisiensi waktu bagi para penggunanya.

Sebagai contoh, berdasarkan simulasi menggunakan Google Maps waktu tempuh Jakarta hingga Surabaya dapat menurun 53% jika melalui Jalan Tol Trans Jawa. Perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya melalui jalur arteri menempuh waktu sekitar 19 jam 40 menit pada kondisi normal. Sedangkan jika melalui jalan tol hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 9 jam 13 menit.

Menurutnya, kehadiran Tol Trans Jawa juga mendorong pergeseran kebiasaan pola lalu lintas di Pulau Jawa, “Saat ini terjadi pola pergeseran lalu lintas di Pulau Jawa dari sebelumnya sangat terpusat pada sisi Barat, kini mulai bergeser ke sisi Timur Pulau Jawa,” ungkap Rudi.

“Dampak positif lainnya yaitu melonjaknya pertumbuhan dan perkembangan kawasan industri yang menarik investor swasta karena membaiknya konektivitas antara sisi Barat hingga sisi Timur Pulau Jawa,” sambungnya.

Produk Peternakan Indonesia Go Global, Tembus Pasar ASEAN

Meskipun mengalami pertumbuhan, Rudi menjelaskan PT Jasamarga Transjawa Tol tetap mengedepankan aspek keamanan dalam setiap pembangunan jalan tol. Hal itu bertujuan agar para pengguna jalan tol keselamatannya bisa terjamin.

Untuk itu, PT JTT selalu berupaya untuk memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan pemerintah. Untuk menunjang keamanan pihaknya pun menyediakan sejumlah fasilitas seperti Mobile Customer Service (MCS), ambulance, derek, rescue, dan Patroli Jalan Raya (PJR).

“PT JTT juga menyediakan fasilitas sistem informasi seperti One Call Center 14080, CCTV surveillance, Dynamic Message Signs, dan aplikasi Travoy untuk memberikan informasi mengenai gangguan perjalanan dan imbauan keselamatan jalan selama 24 jam secara real time,” tutupnya.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi