Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Dibuka Gratis saat Mudik Lebaran 2024

Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Dibuka Gratis saat Mudik Lebaran 2024
0
0

Bagikan Postingan:

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga mengungkapkan bahwa Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan bakal difungsionalkan pada mudik Lebaran 2024.

Yongki menambahkan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini merupakan jalan tol alternatif, mengingat jalan Tol Jakarta-Cikampek sudah sangat padat, sehingga masyarakat dapat memilih alternatif jalan.

“Jika dari Jakarta bisa melewati Jatiasih langsung ke arah Purwakarta, tanpa melewati Cikunir dengan trafik selalu macet,” katanya.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan ruas Sadang hingga Kutanegara, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sepanjang 8,5 km akan dibuka fungsional pada masa Mudik Lebaran 2024.

Ruas tersebut merupakan bagian dari Paket 3 Tol Japek II Selatan, yakni Sukabungah–Sadang.

Pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan

Pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan dengan panjang 62 km ini dibagi menjadi 3 paket. Paket 1 yaitu ruas Jatiasih–Setu sepanjang 7,25 Km. Paket 2 ruas Setu–Taman Mekar sepanjang 23,50 km dibagi menjadi Paket 2A ruas Setu–Sukaragam sepanjang 10,50 km, dan Paket 2B ruas Sukaragam–Sukabungah sepanjang 13 km.

“Selanjutnya Paket 3 ruas Sukabungah–Sadang sepanjang 31,25 km saat ini progres konstruksinya mencapai 86,08 persen dan ditargetkan akan selesai di kwartal III 2024,” ujar Yongki.

Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan memiliki peran penting dalam menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat. Tol ini berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan wilayah industri, maupun wisata, serta membuka banyak lapangan pekerjaan.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dan akan terdapat 7 gerbang tol (GT), yaitu GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Sebelumnya, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memberlakukan diskon tarif tol pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Jasa Marga menyebutkan penerapan diskon tarif tol tersebut salah satunya untuk memecah trafik kendaraan pada puncak libur Nataru.

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% pada 2024

Adapun diskon tarif fol pada libur Nataru ini bagi pengendara yang melakukan perjalanan menerus dari Gerbang Tol Cikampek Utama-Gerbang Tol Kalikangkung.

“Diskon 10 persen untuk semua golongan kendaraan yang tap in di Cikampek Utama dan tap out di Kalikangkung,” ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, Rabu, 20 Desember 2023, seperti dikutip dari Antara, Kamis (21/12/2023).

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.

Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi