TikTok Jalin Nusantara Targetkan Digitalisasi 500 UMKM

TikTok Jalin Nusantara Targetkan Digitalisasi 500 UMKM
0
0

Bagikan Postingan:

Program Jalin Digitalisasi Nusantara oleh TikTok Indonesia bergulir dengan inisiasi pertama berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.  Firry Wahid, Head of Public Policy & Government Relations TikTok Indonesia mengatakan program ini menyasar dampak terhadap 18.000 penduduk lokal dan 500 pelaku UMKM di Tanah Air.

Program UMKM

Program ini akan memberikan pelatihan keterampilan digital di 19 titik di Indonesia, terdiri atas 10 sentra ekonomi kreatif dan 9 destinasi pariwisata.

Sebanyak 10 sentra ekonomi kreatif antara lain Samosir, Pekanbaru, Tangerang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Banyuwangi, Balikpapan, Labuan Bajo, Jayapura.

Sedangkan 9 destinasi pariwisata di antaranya, Desa Wisata Lumban Suhi-Suhi Toruan, Desa Wisata Jangga Dolok, Desa Wisata Raya Seribu Bunga, Desa Wisata Sait Buttu Asri, Desa Wisata Kampung Warna-Warni Tiga Rihit, Desa Wisata Lumban Bulbul, Desa Wisata Golo Loni, Ekraf Victory, Desa Wisata Ululoga.

“Melalui program ini, kami berharap dapat membuka akses bagi UMKM dan wiraswasta untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital, sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan peluang mereka untuk berkembang dan meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi,” kata Firry saat peluncuran program Jalin Nusantara di Labuan Bajo, NTT, Selasa (23/1/2024)

Digitalisasi

Tidak hanya berfokus ke penguatan keterampilan digital, Jalin Nusantara juga menyediakan jaringan internet gratis di pusat-pusat komunitas di 9 destinasi pariwisata yang di maksud dalam rangka mendukung pemerataan akses digital dan pemberdayaan masyarakat di wilayah pedesaan untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap program ini turut mendukung upaya pemerintah mendigitalisasi 30 juta UMKM dari total 60 juta unit usaha di seluruh Indonesia.

Kerajinan Sandal Ukir di Solo Tembus Pasar Mancanegara

“Target pemerintah untuk bisa mengkapitalisasi bonus demografi dalam 5 hingga 10 tahun ke depan bisa di akselerasi oleh digitalisasi di sektor UMKM. Harapan kami, pelaku ekonomi kreatif lokal nantinya dapat mengoptimalkan usaha mereka secara online dan tentunya bisa berkontribusi memberikan pengaruh bagi pertumbuhan ekonomi negara,” kata Sandi.

Peluncuran program ini juga seiring dengan penandatanganan MoU antara TikTok Indonesia dengan sejumlah mitra strategis di antaranya Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Platform Usaha Sosial (PLUS), dan Telkom Indonesia.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi