Sandiaga Uno: Tingkat Keterisian Hotel di Destinasi Wisata Unggulan Capai 100 Persen saat Nataru

0
0

Bagikan Postingan:

Di lansir dari KOMPAS.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, tingkat okupansi (keterisian) hotel saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 di beberapa destinasi unggulan wisata mencapai 100 persen.

Hal tersebut di sampaikan dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang diselenggarakan secara virtual, Senin (2/1/2023).

Wisata Unggulan

“Destinasi wisata unggulan seperti Bandung, Yogyakarta, Solo dan Bali, hotel-hotel favorit, destinasi wisata full 100 persen di periode libur ini,” ujar Sandiaga Uno

Ia menambahkan, secara keseluruhan tingkat keterisian kamar hotel capai 80-90 persen ketika masa liburan Nataru.

Sementara itu, untuk keterisian kamar hotel pada destiniasi wisata di pesisir utara dan selatan Pulau Jawa disebut mengalami sedikit penurunan.

Hal ini di pengaruhi oleh adanya cuaca ekstrem yang melanda sebagaian besar wilayah Indonesia pada saat akhir tahun kemarin.

“Karena kekhawatiran terhadap cuaca ekstrem,” imbuh dia.

Sementara terkait dengan data penerbangan Sandiaga Uno memaparkan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah melayani 634.925 penumpang ketika periode libur Nataru.

Secara rata-rata, setiap hari Bandara ini melayani sekitar 56.811 penumpang sejak masa libur Nataru mulai 19-29 Desember 2022.

PPKM Dihentikan, Wali Kota Tangerang : Angin Segar Bagi Pertumbuhan Ekonomi

“Terdapat 3.776 pergerakan pesawat di layani dalam periode tersebut. Sebanyak 2.265 merupakan pergerakan pesawat domestik dan sebanyak 1.511 merupakan pergerakan pesawat internasional,” urai dia.

Lebih lanjut, sedangkan berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan di sebut terdapat sebanyak 44,2 juta pergerakan orang pada libur Nataru.

“Sebanyak 9,1 juta orang bepergian saat Natal, lalu 19,4 juta saat Natal dan Tahun Baru dan 15,6 juta saat Tahun Baru,” ungkap dia.

Sandiaga bilang, dari jumlah tersebut sekitar 11,02 persen atau 4,8 juta orang menggunakan moda transportasi pesawat.

Adapun 5 daerah tujuan masyarakat terbanyak ketika libur Nataru adalah Jawa Tengah (8,7 juta), Jawa Timur (7,7 juta), Jawa Barat (6,5 juta), Jabodetabek (4,7 juta), dan Yogyakarta (3,6 juta).

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Bagikan Postingan:

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi