RI Jadi Ketua ASEAN 2023, Kemendag Siapkan 4 Acara Unggulan

0
0

Bagikan Postingan:

Di lansir dari DetikFinance.com. Jakarta – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan Kementerian Perdagangan RI Jadi Ketua ASEAN 2023 kemudian akan menggelar 4 acara unggulan terkait Keketuaan ASEAN 2023. Menurutnya langkah ini dalam rangka memperkuat peran ASEAN sebagai hub produksi regional.

“Rencananya, Indonesia akan menggelar delapan acara unggulan. Empat di antaranya akan berada di bawah Kementerian Perdagangan. Acara pertama, peluncuran fisik ASEAN Online Sale Day (AOSD). Kedua, seremonial implementasi penuh Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) setelah Filipina menyelesaikan proses ratifikasinya. Ketiga, peluncuran New ASEAN Tariff Finder. Keempat, penyelesaian kajian dan peluncuran negosiasi Digital Economy Framework Agreement (DEFA),” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (30/1/2023).

Hal tersebut ia sampaikan dalam diskusi ‘Indonesia’s ASEAN/Business Advisory Council (BAC) Chairmanship 2023: Strengthening ASEAN Centrality in Global Markets’yang di helat pada Rabu (18/1) di Paviliun Indonesia di Davos, Swiss. Diskusi tersebut adalah bagian dari World Economic Forum (WEF) 2023 selama 16-20 Januari 2023

Dalam kesempatan tersebut, Jerry juga meneruskan arahan Presiden Joko Widodo yang pernah disampaikan dalam dalam ASEAN Business and Investment Summit 2022. Dikatakannya, ASEAN harus bisa menjadi penggerak utama pertumbuhan kawasan.

Sempat Naik, Harga Ikan Segar Kembali Normal

RI Jadi Ketua ASEAN 2023, Apa Untungnya?

“Cara pertama, menguatkan peran ASEAN sebagai hub produksi regional yang merupakan bagian integral dari rantai nilai global yang sangat kompetitif. Cara selanjutnya, mendorong transisi energi untuk ketahanan energi yang berkelanjutan demi menghindari krisis energi akibat konflik,” terangnya.

Selain itu, Jokowi juga mengajak seluruh sektor swasta untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi, memperkuat posisi ASEAN sebagai hub produksi yang kompetitif, serta mempercepat hadirnya energi bersih yang andal dan terjangkau. Dia mengatakan semangat itu yang dibawa Indonesia setelah melaksanakan serah terima Keketuaan ASEAN 2023 dari Kamboja pada November 2022 silam dan menetapkan tema keketuaan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. Artinya, Indonesia siap memegang peran penting dalam memimpin arah dan tujuan kerja sama politik, ekonomi, dan sosial budaya ASEAN.

Dia pun menekankan pentingnya ASEAN bagi negara-negara kawasan dan dunia, dengan di dukung 3 pilar utama, yakni sentralitas, stabilitas, dan kemakmuran. Adapun visi tema ASEAN Indonesia 2023 di arahkan untuk membangun ASEAN yang tangguh, adaptif, dan inklusif; memainkan peran sentral; dan memberikan manfaat kepada masyarakat, baik secara internal di dalam negara kawasan maupun secara eksternal kepada dunia.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Bagikan Postingan:

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi