Produk UMKM RI Laris Manis di China

0
0

Bagikan Postingan:

Banjirnya produk-produk impor murah termasuk dari China berdampak besar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia. Di sisi lain, produk UMKM dalam negeri justru cukup banyak di minati di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Hal itu di buktikan dengan hasil China ASEAN Expo yang diselenggarakan 16-19 September 2023 di Nanning. Dalam kesempatan itu, lebih dari 100.000 produk UMKM terjual dengan transaksi Rp 261.937.939 dari 49 UMKM binaan BUMN dengan 563 produk yang mejeng di sana.

“Jadi ada ruang-ruang di go global yang memang kita lihat berat pertempurannya, tapi masih ada ruang untuk ke sana (UMKM go global),” kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga dalam diskusi bertajuk ‘BNI Angkat UMKM Go Global’, Jumat (6/10/2023).

Peluang UMKM

Arya menyebut banyak produk asli Indonesia yang tidak mungkin bisa di tiru oleh pabrikan kecil yang ada di China, seperti kain songket hingga minyak khas Indonesia. Hal itu menjadi peluang buat UMKM di dalam negeri.

“Memang di China ini tantangan tersendiri, tapi bukan berarti nggak punya ruang untuk kita bertarung karena banyak sekali produk asli kita yang tidak mungkin, tidak mungkin bisa mereka tiru,” tuturnya.

“Jadi songket, nggak mungkin mereka tiru di China, nggak mungkin banget. Ini yang kita dorong di sana,” tambahnya.

Selain di China, produk UMKM Indonesia juga laris-manis di beberapa negara lainnya. Seperti saat Pasar Senggol di Turki yang di selenggarakan pada 10 September 2023, berhasil mendapatkan transaksi Rp 39 juta dengan produk rendang hingga snack dari 30 UMKM binaan 7 BUMN.

Geser China, Indonesia dan India Negara Terkuat di Asia!

Kemudian saat Kadin Trade Mission di Singapura yang di selenggarakan 3-9 April 2023, lebih dari 2.000 produk UMKM terjual dengan transaksi Rp 115.359.284. Di sana sebanyak 11 BUMN menjadi partisipan.

Lalu saat SMEs Hub ASEAN Summit di Labuan Bajo selama 10-17 November 2023, sebanyak 50 UMKM binaan BUMN terlibat dengan transaksi Rp 1,3 miliar transaksi selama acara.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi