Pertumbuhan Ekonomi RI Diprediksi Tahan Banting, Stabil di 5%

Pertumbuhan Ekonomi RI Diprediksi Tahan Banting, Stabil di 5%
0
0

Bagikan Postingan:

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan ekonomi global masih mengalami perlambatan. Namun, situasi tersebut di anggap masih lebih baik dari perkiraan pada akhir 2022 lalu.

“Kita dapat mengatakannya lebih baik walaupun tidak jauh lebih baik dari ekspektasi di akhir tahun. Saya masih ingat pada akhir tahun lalu istilah yang sering kita pakai waktu mau menyambut 2023 adalah kemungkinan ekonomi global akan di landa oleh perfect storm,” kata Ketua OJK Mahendra Siregar di Hotel Kempinski Indonesia, Senin (27/11/2023).

Perfect storm yang dimaksud yakni badai yang melanda ekonomi di mana terjadi pengetatan kebijakan moneter, inflasi tinggi, maupun eskalasi geopolitik yang membawa suatu negara menuju resesi.

Di Amerika Serikat (AS), saat ini ekonominya di sebut mengalami semacam normalisasi yaitu kinerja perekonomian solid di tengah tren penurunan inflasi, walaupun belum sampai ke tingkat target. Di sisi lain, Eropa menunjukkan fenomena stagflasi karena perekonomian mengalami stagnansi bahkan di beberapa negara terkontraksi atau resesi.

“Lain lagi dengan Tiongkok, kinerja perekonomiannya masih seperti di saat pandemi. Tidak rebound seperti harapan semula, juga disertai inflasi yang di bawah target menunjukkan suatu perekonomian yang lebih rendah aktivitasnya dibandingkan normal. Bahkan kita mulai melihat adanya semacam tekanan deflasi,” beber Mahendra.

Pariwisata Pangandaran Naik Kelas ke Tingkat Dunia

Inflasi yang masih di atas target AS dan Eropa meningkatkan ekspektasi bahwa kondisi situasi suku bunga kemungkinan masih akan tetap tinggi dalam waktu lebih lama atau istilahnya higher for longer.

“Oleh karena itu, ada risiko-risiko dari tingkat bunga tinggi yang berkepanjangan ini bisa memicu semacam apa yang terjadi di bulan Maret-April tahun ini yang bisa di katakan sebagai sporadik turbulance di pasar keuangan global,” imbuhnya.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi