Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Masih Didominasi Pulau Jawa

0
0

Bagikan Postingan:

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, ekonomi Indonesia tumbuh 5,17 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal II-2023. Jika di lihat secara spasial, sumber perekonomian Indonesia masih di dominasi oleh Pulau Jawa.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh Edy Mahmud mengatakan, porsi perekonomian Pulau Jawa terhadap perekonomian nasional mencapai 57,27 persen pada kuartal II-2023. Porsi ini meningkat dari kuartal sebelumnya sebesar 57,17 persen.

Dominasi Pulau Jawa

“Sampai dengan kuartal II-2023 pertumbuhan ekonomi masih di dominasi Pulau Jawa,” kata dia dalam konferensi pers, di Gedung BPS, Jakarta, Senin (7/8/2023)

Sementara itu, Pulau Sumatera berkontribusi sebesar 21,94 persen terhadap perekonomian nasional. Kemudian, Pulau Kalimantan berkontribusi 8,32 persen, Pulau Sulawesi berkontribusi 7,13 persen, Bali & Nusa Tenggara berkontribusi 2,77 persen, dan Pulau Maluku dan Papua berkontribusi sebesar 2,57 persen.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Naik 5,17 Persen

Meskipun Pulau Jawa berkontribusi paling besar terhadap perekonomian, pertumbuhan ekonomi secara spasial paling tinggi di catatkan oleh Pulau Sulawesi. Tercatat perekonomian Pulau Sulawesi tumbuh 6,64 persen secara tahunan pada kuartal II-2023, lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 6,48 persen.

Lalu, Pulau Maluku & Papua juga mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari tingkat nasional, yakni sebesar 6,35 persen. Akan tetapi, tingkat pertumbuhan tersebut sebenarnya lebih rendah dari kuartal II-2022 sebesar 13,07 persen.

Pulau Kalimantan turut membukukan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dari nasional yakni seesar 5,56 persen. Adapun perekonomian Pulau Jawa tumbuh sebesar 5,18 persen.

Sementara itu pertumbuhan ekonomi Pulau Sumatera dan Bali & Nusa Tenggara lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi nasional, masing-masing sebesar 4,90 persen dan 3,01 persen.

“Secara umum barangkali kita bisa melihat bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal II-2023 masih lebih kecil di bandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2022,” ucap Edy.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi