Pertumbuhan Ekonomi Asia-Pasifik Unggul Sedunia

0
0

Bagikan Postingan:

Bank Dunia mengungkapkan pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang di Asia Timur dan Pasifik melampaui pertumbuhan negara-negara lain di dunia.

Namun, Bank Dunia mengingatkan, pertumbuhan di kawasan ini kemungkinan akan melambat pada 2024, di tengah tantangan yang dihadapi Tiongkok dan ketidakpastian kebijakan yang lebih luas.

“Wilayah ini masih unggul dibandingkan negara-negara lain di dunia, namun kinerjanya masih kurang dibandingkan potensi yang dimilikinya,” kata Kepala Ekonom Asia Timur dan Pasifik di Bank Dunia, Aaditya Mattoo, dikutip dari CNBC International, Rabu (3/4/2024).

Laporan terbaru Bank Dunia menunjukkan, pertumbuhan di Asia-Pasifik diperkirakan akan turun menjadi 4,5% tahun ini, melambat dari ekspansi tahun lalu sebesar 5,1%.

“Prospek ini memiliki risiko penurunan, yang mencakup perlambatan ekonomi global yang lebih besar dari perkiraan, kenaikan suku bunga yang lebih tinggi di negara-negara besar, meningkatnya ketidakpastian di seluruh dunia mengenai kebijakan ekonomi, dan meningkatnya ketegangan geopolitik,” kata laporan itu.

Pelemahan di Tiongkok Masih Berlanjut

Meskipun Tiongkok telah menetapkan target pertumbuhan resmi sekitar 5% pada 2024, Bank Dunia memproyeksikan ekonomi terbesar di Asia itu akan melambat menjadi 4,5% tahun ini, melambat dari ekspansi tahun lalu sebesar 5,2%.

Melambatnya pertumbuhan Tiongkok disebabkan oleh menurunnya kepercayaan konsumen di dalam negeri, tingginya tingkat utang, dan merosotnya sektor real estat.

Matoo mengatakan, hal ini telah menyebabkan relokasi produksi dan investasi dari Tiongkok yang pada akhirnya dapat berdampak pada produksi di negara lain seperti Vietnam dan Meksiko

Tiongkok telah menjadi sangat penting bagi kawasan ini, sebagai sumber input, sebagai tujuan konsumsi produk bernilai tambah di kawasan ini, dan juga sebagai sumber investasi,” beber Matoo dalam Street Signs Asia CNBC.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.

Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi