Perdana! Sumut Ekspor 16,8 Ton Manggis Senilai Rp 1 M ke China

0
0

Bagikan Postingan:

16,8 ton buah manggis asal Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di ekspor untuk pertama kalinya ke China melalui Pelabuhan Belawan. Nilai ekonomis 16,8 ton manggis itu mencapai Rp 1 miliar.

“Hari ini kita ekspor 16,8 ton milik PT Erga Buana Kencana dengan kurang lebih nilainya hampir Rp 1 miliar. Selama ini manggis kita kirim ke Padang dan ini PT Pertama dan masih satu-satunya yang melakukan ekspor,” ungkap Kepala Karantina Belawan Lenny Hartati Harahap kepada detikSumut, Jumat (22/12/2023).

Ekspor Manggis

Lenny menyebutkan bahwa persiapan pelepasan ekspor ini berlangsung kurang lebih sekitar tiga tahun. Hal ini di mulai dari bimbingan kepada para petani hingga ke tingkat eksportir agar menghasilkan buah yang berkualitas.

“Untuk pelepasan ekspor ini kita lakukan bimbingan selama tiga tahun mulai registrasi kebunnya. Kita juga lakukan bimbingan petani di kebun terkait budidaya buah, pemangkasan daunnya, pengendalian hama penyakit, dan cara pemupukan agar terhindar dari logam berat,” ujarnya.

Lanjutnya, Lenny membeberkan jika manggis yang di kirim menggunakan kontainer refer 40 feat. Hal ini bertujuan agar kesegaran buah tetap terjaga sampai ke China.

Sebelum distuffing ke kontainer, buah manggis ini di lakukan quality control mulai dari di bersihkan dengan kuas, perlakuan penyemprotan dengan tekanan tinggi untuk memastikan buah bebas dari organisme pengganggu tumbuhan target yaitu kutu putih, semut dan life insect lainnya, pengemasan, pelabelan dan pemeriksaan karantina sesuai protokol yang telah ditetapkan.

“Dengan memastikan buah manggis yang akan dikirim bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) negara China, kita harapkan keberterimaan produk dan keberlanjutan ekspor manggis akan terjamin. Semoga ekspor manggis Sumatera Utara lancar setelah pengiriman Perdana ini,” jelas Lenny.

Minyak kelapa jadi Komoditas Ekspor unggulan Sulut

 

Pemilik PT Erga Buana Kencana Iwan Sanjaya menyebutkan bahwa buah manggis memiliki banyak manfaat sehingga di minati oleh mancanegara seperti China. Sebelumnya, PT ini melakukan ekspor dengan melakukan pengiriman ke kota besar seperti Jakarta.

Namun, dengan adanya rumah kemas dengan standarisasi yang sudah sesuai, PT ini akhirnya melakukan ekspor langsung di penghujung tahun 2023 ini.

“Manggis ini manfaatnya banyak, daging buahnya manis terus kulitnya bermanfaat sebagai antioksidan dan di jadikan obat. Manggis ini punya potensi besar di Sumut, kita juga punya tiga kelompok tani di daerah Sibolangit dengan luas sekitar 57 hektar. Nanti akan kita perluas lagi di Tanah Karo, Sidikalang, Tapsel agar pembudidayaan manggis yang selama ini kita kirim ke Jakarta bisa di kirim langsung dari Sumut,” jelasnya.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.

Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi