Perbanas Optimistis Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh

Perbanas Optimistis Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh
0
0

Bagikan Postingan:

Di lansir dari investortrust.idPerhimpunan Bank Nasional (Perbanas) optimistis ekonomi Indonesia berpeluang untuk terus mencatatkan pertumbuhan di tengah perlambatan ekonomi global.

Ketua Umum Perbanas, Kartika Wirjoatmodjo membeberkan, ketidakpastian ekonomi global tersebut tercermin dari adanya perbedaan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang dikeluarkan oleh The International Monetary Fund (IMF) dan World Bank.

“IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global sebesar 3% pada tahun 2023 dan 2,9% pada tahun 2024,” ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara Media Gathering Perbanas yang bertajuk di Hotel Mason Pine, Padalarang, Jawa Barat, Kamis (23/11/2023).

Ekonomi Indonesia

Lebih lanjut, Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, risiko ekonomi dan geopolitik di tahun 2024 akan terus berlanjut dan lebih buruk di banding 2023 sehingga dapat menghambat laju pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, World Bank memproyeksikan sebaliknya. GDP global tahun 2024 sebesar 2,4% atau lebih tinggi di bandingkan tahun 2023 yang sebesar 2,1%.

Adapun pandangan positif terhadap ekonomi 2024 ini sejalan dengan normalisasi suku bunga dan inflasi di tahun depan.

“Kita harus tetap optimis karena di tengah isu perlambatan ekonomi global, Indonesia berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonominya,” terangnya.

Berdasarkan data Perbanas, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2023 mencapai 5,17% (year on year/yoy) yang di topang oleh pemulihan sektor manufaktur serta stabilitas kinerja sektor pertanian dan sektor perbankan.

Petrokimia Gresik Bawa Pertanian Indonesia ke Era Modern

Terakhir, Kartika Wirjoatmodjo mengingatkan agar senantiasa waspada terhadap tingginya suku bunga acuan The Fed Rate yang menyebabkan nilai tukar rupiah terdepresiasi sepanjang tahun 2023. Dalam konteks ini, penting untuk memahami bahwa kondisi tersebut dapat berdampak signifikan pada perekonomian Indonesia.

“Kita harus senantiasa waspada, karena apabila kondisi ini terus berlanjut akan ada potensi peningkatan risiko valas dan instabilitas sistem keuangan nasional yang dapat berujung pada pelemahan ekonomi Indonesia,” tandasnya. Oleh karena itu, langkah-langkah proaktif perlu diambil untuk mengelola dampak potensial dari fluktuasi pasar keuangan global tersebut.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi