Pengaruh Media Sosial pada Kesehatan Mental

0
0

Bagikan Postingan:

Media sosial adalah bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita, di mana orang dapat terhubung dengan teman dan keluarga, dengan memperhatikan kesehatan mental penggunanya dengan membagikan informasi, dan mengakses berbagai jenis konten. Namun, seiring dengan keuntungan yang di tawarkan media sosial, terdapat juga dampak negatifnya pada kesehatan mental penggunanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana penggunaan media sosial dapat mempengaruhi kesehatan mental penggunanya, dengan fokus pada kecemasan, depresi, kesepian, dan perilaku adiktif.

Era Gen-z

Di era modern seperti saat ini, menggunakan smartphone dan media sosial sudah menjadi rutinitas semua kalangan setiap harinya. Media sosial sangat mempengaruhi kehidupan manusia dan sudah menjadi kebutuhan serta gaya hidup yang memengaruhi cara manusia berinteraksi dengan orang lain. Semua kalangan, dari anak-anak hingga lanjut usia, dapat dengan mudah mengakses jejaring sosial tersebut. Menurut Survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2022, remaja merupakan pengguna internet tertinggi di Indonesia, setara dengan 75,50% dari populasi Indonesia. Namun, remaja rentan terpengaruh oleh media sosial dan belum mampu memilah aktivitas yang dilakukannya di dunia maya karena emosi mereka masih belum stabil, atau dikenal sebagai remaja labil (Aprilia et al., 2020).

Media sosial memang sangat memudahkan segalanya, di rancang sedemikian rupa untuk menarik penggunanya agar membuka akun media sosial secara terus menerus, hingga tak sadar jika media sosial juga memiliki efek buruk pada penggunanya. Sebuah penelitian yang di lakukan oleh (Twenge, Spitzberg, & Campbell, 2019 ) menemukan bahwa remaja yang menggunakan media sosial memiliki kerentanan lebih tinggi untuk mengalami perasaan kesepian (loneliness). Hal ini di sebabkan karena interaksi yang di lakukan oleh remaja melalui media sosial meminimalisir interaksi mereka secara nyata. Tidak hanya perasaan kesepian, penggunaan media sosial yang berlebihan juga dapat menyebabkan dampak negatif pada remaja seperti gangguan emosi, kesehatan mental dan lainnya (Saragih, 2020). Hoaks, ujaran kebencian, pornografi, sampai cyberbullying juga sangat mudah kita temukan di media sosial serta dapat berdampak terhadap kondisi psikologis remaja pengguna media sosial.

Kecemasan

Salah satu efek negatif penggunaan media sosial pada kesehatan mental adalah meningkatnya tingkat kecemasan. Kecemasan merupakan respon emosional yang normal terhadap stres, tetapi jika terlalu sering atau berlebihan, bisa memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Studi menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan stres. Hal ini mungkin disebabkan oleh perasaan tidak puas atau tidak memadai yang timbul ketika seseorang membandingkan hidupnya dengan kehidupan orang lain di media sosial. Selain itu, penggunaan media sosial juga dapat menyebabkan gangguan tidur dan meningkatkan risiko gejala kecemasan.

Depresi

Depresi adalah gangguan mental yang serius dan dapat mempengaruhi fungsi sosial, kerja, dan fisik seseorang. Penggunaan media sosial telah di kaitkan dengan peningkatan risiko depresi pada remaja dan dewasa muda. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ini adalah perbandingan sosial. Pengguna media sosial dapat mengalami perasaan rendah diri dan tidak memadai ketika melihat kehidupan orang lain yang terlihat sempurna di media sosial. Selain itu, penggunaan media sosial yang berlebihan juga dapat memicu perasaan kesepian dan isolasi, yang merupakan faktor risiko untuk depresi.

Pengertian dan Fungsi Algoritma Website dalam Meningkatkan Performa Situs

Kesepian

Kesepian adalah perasaan tidak nyaman yang di alami seseorang ketika ia merasa terisolasi atau tidak terhubung dengan orang lain. Penggunaan media sosial dapat meningkatkan risiko kesepian, meskipun media sosial seharusnya membantu orang untuk terhubung dengan orang lain. Salah satu penyebabnya adalah bahwa interaksi di media sosial sering kali tidak sama dengan interaksi sosial dalam kehidupan nyata. Komentar, emoji, dan tanda suka dapat memberikan kesan hubungan yang dekat, tetapi pada kenyataannya, interaksi ini sangat dangkal dan tidak bermakna. Selain itu, penggunaan media sosial yang berlebihan juga dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan orang di sekitarnya secara langsung, yang dapat meningkatkan risiko kesepian.

Perilaku Adiktif

Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan perilaku adiktif. Orang yang mengalami perilaku adiktif biasanya memiliki kecenderungan untuk terus menggunakan media sosial, bahkan ketika penggunaan tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari atau hubungan sosial mereka. Perilaku adiktif dapat berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang, seperti meningkatkan tingkat kecemasan, depresi, dan kesepian.

Penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki karakteristik yang dapat memicu perilaku adiktif, seperti notifikasi yang terus-menerus, konten yang di sesuaikan dengan preferensi pengguna, dan fitur penghargaan seperti jumlah tanda suka dan pengikut. Selain itu, media sosial juga menawarkan dunia maya yang terkadang lebih menarik dari pada dunia nyata, sehingga pengguna dapat lebih tergoda untuk terus menggunakan media sosial.

Mengatasi Pengaruh Negatif Media Sosial pada Kesehatan Mental

Meskipun terdapat dampak negatif penggunaan media sosial pada kesehatan mental, hal ini tidak berarti kita harus menghindari penggunaannya sama sekali. Sebaliknya, penting untuk memahami dan mengatasi pengaruh negatifnya. Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi pengaruh negatif media sosial pada kesehatan mental:

  1. Batasi waktu penggunaan media sosial. Usahakan untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial, dan cobalah untuk tidak menggunakan media sosial sebelum tidur atau setelah bangun tidur.
  2. Perhatikan konten yang di konsumsi. Hindari konten yang negatif atau tidak sehat dan usahakan untuk memfollow akun yang positif dan bermanfaat.
  3. Fokus pada interaksi sosial yang nyata. Cobalah untuk membangun interaksi sosial yang lebih bermakna di kehidupan nyata, seperti bertemu dengan teman dan keluarga atau mengikuti kegiatan sosial.
  4. Hindari perbandingan sosial. Jangan membandingkan kehidupan Anda dengan kehidupan orang lain di media sosial, karena ini bisa meningkatkan tingkat kecemasan dan depresi.
  5. Jangan bergantung pada media sosial untuk memenuhi kebutuhan emosional. Cobalah untuk menemukan cara lain untuk memenuhi kebutuhan emosional Anda, seperti olahraga, meditasi, atau terapi.
Kesimpulan

Media sosial memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental penggunanya, termasuk peningkatan tingkat kecemasan, depresi, kesepian, dan perilaku adiktif. Namun, dengan memahami pengaruh negatif media sosial pada kesehatan mental dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampaknya, kita dapat mengoptimalkan manfaat media sosial dan memperbaiki kesehatan mental kita.

Media sosial memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupan seseorang terutama terhadap kesehatan mental. Jika remaja tidak bijak dalam penggunaannya, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan mengalami dampak buruk dari media sosial itu sendiri. Remaja yang terlalu banyak menghabiskan waktunya di dunia maya dapat menimbulkan gangguan kesehatan mental seperti stres, gangguan kecemasan, depresi, hingga timbulnya rasa ingin bunuh diri juga dapat terjadi jika tidak dapat memilah aktivitas yang baik dan buruk di media sosial. Apabila remaja mengalami stres atau depresi dengan jangka waktu yang panjang, maka hal tersebut juga akan berpengaruh kepada kesehatan fisiknya. Oleh karena itu, dalam penggunaan media sosial jangan berlebihan dan gunakanlah media sosial dengan bijak agar kesehatan mental serta fisik tetap terjaga.

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional. Paket

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

Video Terbaru 

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

1 komentar untuk “Pengaruh Media Sosial pada Kesehatan Mental”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat - Hari Film Nasional 30 Maret

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi