Pendapatan Pariwisata Nasional Tahun Ini Ditargetkan Rp 111,7 Triliun

0
0

Bagikan Postingan:

Di lansir dari Republika.co.id, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sektor Pariwisata yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional terlihat berangsur pulih. Itu seiring dengan pelonggaran mobilitas dan di hentikannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pariwisata Nasional

Di sebutkan, kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara terus mengalami peningkatan.

Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan, kenaikan wisatawan nusantara mendekati lima persen di bandingkan tahun sebelumnya.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah wisatawan mancanegara naik 251,28 persen di bandingkan periode sebelumnya.

Daerah asal para wisatawan mancanegara di dominasi oleh negara tetangga yakni Malaysia, Timor Leste, Australia, dan Singapura.

“Pemulihan ekonomi terus berlanjut dan koordinasi dengan para stakeholder harus tetap di jaga. Kolaborasi ini merupakan kata kunci untuk menumbuhkan dan membangkitkan pariwisata Indonesia,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara virtual dalam Rapat Kerja Nasional III Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tahun 2023, Kamis (9/2/2023).

Kinerja sektor pariwisata di prediksi akan terus menguat pada 2023.

Munas APPAMSI Sukses Dibuka Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri

Airlangga menyebutkan, pendapatan yang di hasilkan dari pariwisata nasional pada tahun ini di targetkan mencapai sekitar Rp 111,7 triliun.

Dari sisi kesehatan, lanjutnya, kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) pada masa transisi di pastikan terus berjalan di Kementerian/Lembaga terkait dan Pemerintah Daerah. Sedangkan kebijakan mendorong daya beli dan konsumsi dalam negeri di lakukan melalui Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri, pemberdayaan UMKM, desa wisata, dan desa kreatif.

Ia menuturkan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sektor Pariwisata juga terus di lakukan pengembangan, seperti terlihat pada KEK Mandalika, Tanjung Lesung, Lido, Tanjung Kelayang, Singhasari, Morotai, Likupang, dan Sanur.

Pada 2023, melalui pengembangan KEK di harapkan dapat menghasilkan total investasi sebesar Rp 9.631 miliar dan 31.805 orang serapan tenaga kerja.

Kunjungan wisatawan nusantara juga terus di dorong, khususnya pada lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas melalui penyelenggaraan berbagai event internasional yakni F1 Power Boat di Danau Toba dan ASEAN Tourism Forum 2023 di Borobudur.

Selain itu juga termasuk event MotoGP, WSBK, dan MXGP di Mandalika, Likupang Tourism Festival di Likupang, dan Wonderful Indonesia Bersuara di Labuan Bajo.

Pemerintah turut memberikan kemudahan penyelenggaraan berbagai kegiatan mulai dari MICE, musik, hingga olahraga dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan keamanan.

Lebih lanjut, upaya peningkatan jumlah penerbangan internasional dan pemberian kemudahan imigrasi

pada subjek Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata (BVKKW) dan penambahan Subjek Visa Kunjungan Saat Kedatangan Khusus Wisata (VKSKKW) menjadi 60 negara, termasuk penerapan electronic visa on arrival (e-VOA) juga terus di lakukan.

Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga ringan sebesar enam persen per tahun guna memperkuat permodalan serta memperluas akses pembiayaan bagi para pelaku UMKM di bidang pariwisata juga menjadi strategi yang di lakukan dalam upaya pemulihan Sektor Pariwisata. “Saya mengajak agar seluruh stakeholder bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, terutama di Sektor Pariwisata,” katanya.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

2 komentar untuk “Pendapatan Pariwisata Nasional Tahun Ini Ditargetkan Rp 111,7 Triliun”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat - Pemerintah Dorong UMKM Go Global

  2. Pingback: Nusantarawan Hebat - UMKM Sumber Ekonomi 2023

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi