Pelabuhan Merak dan Ciwandan Siap Layani Pemudik 2023

0
0

Bagikan Postingan:

Penambahan pelabuhan jadi solusi guna mengurai kepadatan penumpang pada angkutan penyeberangan selama musim mudik Lebaran 2023. Adapun pelabuhan perbantuan yang bakal di gunakan selama mudik tahun ini adalah Ciwandan dan Panjang.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, 123 juta jumlah pemudik yang di proyeksikan tahun ini memberikan pengaruh terhadap kenaikan penumpang kapal.

“Oleh karena itu ada beberapa keputusan yang kita sepakati, yakni penambahan pelabuhan. Yang semula hanya Merak-Bakauheni, sekarang ini sudah di tambah Ciwandan dan di Sumatra juga akan ada penambahan pelabuhan yakni, Pelabuhan Panjang. Jadi dari Ciwandan bisa ke Bakauheni atau ke Panjang dan itu sudah di atur dengan baik oleh ASDP, Kepolisian, dan TNI,” tutur Muhadjir dalam keterangan resmi yang di terima IDN Times, Selasa (11/4/2023).

https://nusantarawanhebat.com/artikel/285-km-jalan-tol-jakarta-cikampek-ii-selatan-bisa-dilalui-saat-arus-balik-mudik-lebaran-2023/

Mudik 2023

Survei Litbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan, tahun ini bakal ada 123,8 juta orang yang mudik dan 18,3 juta di antaranya adalah warga Jabodetabek. Dari hasil survei tersebut, tercatat pengguna angkutan umum yakni penyeberangan sebesar 5,39 persen atau sebanyak 6,67 juta orang.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni sendiri telah menjadi satu titik krusial saat musim mudik tiba. Tidak heran jika tiap tahunnya ketika momen mudik tiba, dua pelabuhan tersebut selalu padat.

“Esensi mudik kali ini lebih waspada terhadap volume yang bertambah pesat. Saya berulang kali menyampaikan kepada rekan-rekan ASDP agar kapasitas di hitung antara jumlah kendaraan yang akan melintas dengan kapasitas daya tampung pelabuhan. Dengan adanya tambahan pelabuhan, kita harapkan VC Ratio bisa di angka 0,6 yang artinya lancar dan kepadatan kendaraan masih bisa di kendalikan,” tutur Budi Karya.

Di sisi lain, Budi Karya pun mengimbau masyarakat untuk membeli tiket jauh-jauh hari secara online minimal H-1.

Hal itu lantaran pada tahun ini sudah tidak ada lagi penjualan tiket langsung di pelabuhan.

“Bagi yang ingin menyeberang seyogyanya membeli tiket minimal 1 hari sebelum keberangkatan. ASDP menyediakan aplikasi Ferizy sehingga masyarakat dapat membeli secara online,” kata Budi Karya.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

1 komentar untuk “Pelabuhan Merak dan Ciwandan Siap Layani Pemudik 2023”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat - RI Ekspor Minyak Sawit ke China Naik 55%

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi