Pasar Kendaraan Listrik di RI Berpotensi Mencapai 20 Miliar Dollar AS

0
0

Bagikan Postingan:

Potensi pasar kendaraan listrik di Indonesia di sebut bisa mencapai lebih dari 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 300 triliun (kurs Rp 15.000) hingga beberapa tahun mendatang, meskipun adopsi kendaraan listrik hingga saat ini pada 2023 masih terbatas.

Hal ini terungkap dalam laporan perusahaan modal ventura AC Ventures bersama Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik (AEML) bertajuk “Indonesia’s Electric Vehicle Outlook: Supercharging Tomorrow’s Mobility”.

Managing Partner AC Ventures Helen Wong mengatakan, temuan dalam laporan ini menunjukkan peluang investasi yang luar biasa di sektor kendaraan listrik Indonesia.

Indonesia Naik Kelas, Pijakan Kuat Jadi Negara Maju pada 2045

“Lonjakan dan tren kendaraan listrik roda dua saat ini mengindikasikan permintaan pasar yang jelas dan potensi keuntungan yang menjanjikan,” ujarnya dalam konferensi pers di AC Ventures Headquarters, Prosperity Tower, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Faktor penting pendorong kendaraan listrik bertumbuh

Laporan AC Ventures dan AEML menunjukkan adanya kombinasi faktor penting yang membuka jalan bagi pertumbuhan yang pesat dalam pasar kendaraan listrik di negara ini.

Faktor-faktor tersebut meliputi peningkatan permintaan dari konsumen, kebijakan pemerintah yang mendukung, dan perkembangan teknologi baru yang meningkatkan performa dan mengurangi biaya secara keseluruhan.

Dalam laporan ini juga disebutkan, kendaraan listrik di Indonesia menawarkan efisiensi 75 persen lebih tinggi dan biaya operasional yang jauh lebih rendah bagi bisnis.

Hal ini memberikan potensi yang besar bagi pasar kendaraan listrik di Indonesia untuk tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) sebesar 58,5 persen hingga 2030. Selain itu, kendaraan listrik juga memiliki kemampuan untuk secara signifikan mengurangi impor energi negara ini, yang saat ini mencapai total 35 miliar dollar AS setiap tahun.

Namun laporan ini mengindikasikan adanya peluang untuk meningkatkannya menjadi lebih dari 10 persen dalam lima tahun mendatang. Dengan asumsi pemangku kepentingan publik dan swasta bekerja sama secara efektif untuk mendorong perkembangan sektor kendaraan listrik lokal yang kondusif.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi