Pariwisata dan Ekraf Bakal Sedot 4,4 Juta Tenaga Kerja di 2023

0
0

Bagikan Postingan:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis target 4,4 juta tenaga kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tercapai pada 2023 ini, sehingga dapat tekan pengangguran, “Kita harus semangat dan bergerak cepat dengan 3 G yakni gercak, grebek dan gastol untuk menyerap 4,4 tenaga kerja baru sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga saat menutup kegiatan literasi keuangan dukungan pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif 2023 di Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, Banten,Sabtu.

Penyerapan tenaga kerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tentu dapat membantu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, pariwisata dan ekonomi kreatif sudah kembali pulih usai pandemi COVID -19. Program pariwisata dan UMKM di Desa Cikolelet itu di pastikan menyerap lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat.

Karena itu, program pariwisata dan ekonomi kreatif harus tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu untuk mencari wisatawan-wisatawan yang lebih banyak lagi, termasuk wisatawan mancanegara.

Melihat Potensi Besar Budidaya Rumput Laut di Nusa Lembongan Bali

Target Kunjungan Wisman

Pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) antara enam juta sampai 8,5 juta tahun 2023. Adapun untuk target pergerakan wisatawan nusantara pada 2023 berkisar antara 1,2 miliar hingga 1,4 miliar. Sedangkan, nilai investasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif 3 miliar dollar AS tahun 2023.

“Kami menerima informasi bahwa tingkat hunian hotel di kawasan Anyer dan Carita saat ini sudah kembali jauh menjadi angka sangat tinggi. Itu jauh dari harapan kita di atas angka ekspektasi tinggi,” kata Sandiaga.

Menurut dia, wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata itu jangan sampai menjadi wisatawan “rohali” rombongan yang hanya diam-diam. Namun harus menjadi wisatawan “rojali” rombongan yang jajan-jajan dan beli-beli ekonomi kreatif.

“Saya juga jajan kerupuk gadung dan lilin terapi di Desa Wisata Cikolelet. Disitu ada konsumsi di pastikan ada kegiatan ekonomi meningkat.Banten sendiri tumbuh ekonomi 4,7 persen dan inflasi stabil,” kata Sandiaga Uno.

Ia mengatakan para pelaku UMKM di desa destinasi wisata Cikolelet perlu di tingkatkan, karena usaha di bidang itu mendapat dukungan keuangan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Pihaknya berharap destinasi wisata desa jangan sampai hanya satu kali ramai hingga di kunjungi pejabat, namun harus ada peningkatan pengunjung wisatawan.

“Kami sudah dua kali ke sini dan memonitoring di nilai cukup maju dan berkembang desa wisata di Desa Cikolelet dan bukan hanya wisata pantai saja,tetapi ada curug dan kegiatan lainya,”katanya menjelaskan. Ia mengatakan, peningkatan kapasitas UMKM itu juga ada upskilling (keterampilan), riskilling (kemampuan) dan newskilling (kompetensi).

Peningkatan kapasitas itu agar usaha yang di lakukan UMKM bisa tumbuh dan berkembang. Jangan sampai wisatawan yang datang banyak juga pembelinya pun banyak, tetapi pelaku UMKM merugi atau tekor. Karena itu, kata dia, mereka pelaku UMKM harus mampu mencatat keuangan dengan baik.

“Kalau pencatatan keuangan dengan baik tentu akan menambah omzet,”ujarnya menambahkan.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi