Panen Raya Jadi Penyelamat Inflasi selama Ramadan dan Lebaran

Panen Raya Jadi Penyelamat Inflasi selama Ramadan dan Lebaran
0
0

Bagikan Postingan:

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, adanya panen raya sejak Maret 2023 turut meredam gejolak inflasi pangan pada momen Ramadan dan Lebaran 2023 di April lalu.

Panen Raya

“Inflasi pada Ramadan dan Lebaran 2023 relatif lebih rendah di bandingkan Lebaran 2022, yang di pengaruhi pasokan komoditas hortikultura yang relatif terjaga, di dorong aktivitas panen sepanjang Maret-April. Deflasi cabai merah dan cabai rawit meredam tingkat inflasi umum,” ujar Kepala BPS Margo Yuwono, Selasa (2/5/2023).

Margo mengatakan, andil inflasi beberapa komoditas pangan di April 2023 relatif lebih rendah di bandingkan momen Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya akibat adanya panen raya.

Sebagai contoh, tingkat inflasi bulanan atau month to month pada momen Lebaran Juni 2019 sebesar 0,55 persen. Adapun penyumbang andil terbesar berasal dari cabai merah, 0,20 persen.

Labuan Bajo dan KEK Tana Mori Dipercantik untuk Sambut KTT ASEAN 2023

Sementara pada Lebaran Mei 2022, telur ayan ras, ikan segar, bawang merah, nasi dengan lauk, hingga daging sapi memberikan andil dominan pada tingkat inflasi bulan tersebut sebesar 0,40 persen.

Adapun pada April 2023, tingkat inflasi bulanan tercatat sebesar 0,33 persen. Bila di lihat berdasarkan kelompok pengeluaran, penyumbang inflasi bulanan terbesar pada kelompok transportasi, dengan inflasi sebesar 0,84 persen. Sektor tersebut turut memberikan andil 0,11 persen pada inflasi April 2023.

Menurut komoditas, penyebab inflasi April sebesar 0,33 persen di antaranya yang berikan andil cukup besar angkutan udara, dengan andil 0,06 persen.

Selain transportasi, angkutan antar kota turut mendongkrak inflasi bulan tersebut dengan andil 0,03 persen. Lalu juga komoditas emas, daging ayam ras, beras, dan rokok kretek filter dengan andil masing-masing sebesar 0,02 persen.

Bila di hitung secara tahunan atau year on year (YoY), April 2023 terjadi inflasi sebesar 4,33 persen. Dengan demikian, inflasi tahun kalender tercatat sebesar 1,01 persen. Demikain hasil data BPS.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya. Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

1 komentar untuk “Panen Raya Jadi Penyelamat Inflasi selama Ramadan dan Lebaran”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat - Penerbangan Langsung Jakarta-Tashkent, Perkuat Hubungan Ekonomi Indonesia-Uzbekistan

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi