Menko Airlangga: Berkat Pariwisata, Pertumbuhan Ekonomi Bali dan Nusa Tenggara Bangkit

0
0

Bagikan Postingan:

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV 2022 tembus 5,01 persen secara tahunan (year on year/YoY). Secara kumulatif, ekonomi Indonesia di sepanjang 2022 tumbuh sebesar 5,31 persen.

“Secara spasial seluruh wilayah Indonesia terus menguat, pulau Jawa tumbuh sama dengan pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5,31 persen,” kata Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Q4 tahun 2022, secara daring, Senin (6/2/2023).

Sementara, untuk  Sumatera, Kalimantan dan Bali dan Nusa Tenggara masih dibawah nasional.  Kalimantan tumbuh 4,94 persen, Sumatera 4,69 persen, Bali dan Nusa Tenggara 5,08 persen.

Pasar Seni Sukawati Makin Cantik, Jadi Magnet Wisata Kerajinan Bali

Pertumbuhan Ekonomi

Kendati masih di bawah nasional, untuk Bali dan Nusa Tenggara membuktikan bahwa sektor tourisme sudah mulai pulih.

Kemudian, untuk wilayah Sulawesi tumbuh 7,05 persen, serta Maluku dan papua pertumbuhannya  8,65 persen dan ini sangat terbantu dengan hilirisasi dan komoditas yang tinggi.

Adapun di lihat dari segi supply, berbagai lapangan sektor usaha di Kuartal IV-2022 memang tumbuh positif, diantaranya sektor transportasi pergudangan tumbuh sebesar 16,99 persen secara yoy, di ikuti oleh makanan minuman dan akomodasi 13,81 persen, termasuk sektor industri pengolahan tumbuh menggembirakan melebihi pertumbuhan ekonomi yakni 5,64 persen yoy.

“Tentunya ini di akibatkan dari mobilitas masyarakat, peningkatan kunjungan baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara,” ujarnya.

Sementara, sisi demand dia melihat mayoritas komponen pengeluaran di kuartal IV-2022 juga tumbuh kuat, di antaranya ekspor tumbuh double digit atau 14,93 persen secara tahunan (year on year).

Pertumbuhan ekspor di dukung oleh harga komoditas yang tinggi ataupun sering di sebut sebagai windfall harga komoditas. Selain itu, impor tercatat juga tumbuh 6,25 persen (yoy) yang di topang oleh impor barang modal maupun bahan baku, sehingga impor ini menjadi sektor yang produktif.

Mari bergabung bersama https://Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Bagikan Postingan:

Rekomendasi untuk Anda

1 komentar untuk “Menko Airlangga: Berkat Pariwisata, Pertumbuhan Ekonomi Bali dan Nusa Tenggara Bangkit”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat - Kalbar Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi