Mengapa TikTok Ads Efektif untuk Mencapai Target Gen Z?

0
0

Bagikan Postingan:

Beriklan di media sosial adalah salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis. Berbagai platform memang harus di maksimalkan, tidak terkecuali TikTok Ads. Saat ini TikTok sendiri merupakan media sosial yang populer karena menawarkan video vertikal berdurasi singkat yang mudah di nikmati oleh audiens. siapa yang tidak tahu dengan salah satu platform Tiktok, hampir semua kalangan menggunakannya dari beberapa generasi, contohnya GenZ.

Beriklan di media sosial adalah salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis. Berbagai platform memang harus di maksimalkan, tidak terkecuali TikTok Ads. Saat ini TikTok sendiri merupakan media sosial yang populer karena menawarkan video vertikal berdurasi singkat yang mudah di nikmati oleh audiens.

Di bulan Juni 2018, sebagian besar dari kita mungkin tidak pernah kepikiran untuk beriklan di TikTok ads. Hal ini wajar saja, karena TikTok pada kala itu sempat di blokir oleh sementara oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Alasannya adalah karena terdapat berbagai laporan yang menyebut bahwa konten TikTok memiliki berbagai kandungan nilai negatif. Tapi, setelah melalui berbagai jenis kesepakatan dengan pihak Kemenkominfo, pada akhirnya platform ini sudah kembali di buka satu bulan kemudian, lebih tepatnya di bulan Juli 2018.

TikTok Di ragukan

Saat itu banyak yang meragukan, apakah TikTok bisa bangkit dan memperbaiki reputasinya di dalam dunia media sosial?

Jawabannya tentu saja bisa, karena terbukti saat ini tiktok mampu berjaya kembali, bahkan platform ini juga mulai menyalip tingkat popularitas media sosial lainnya yang sudah lebih dulu eksis.

Berdasarkan penelitian yang di lakukan dari Sensor Tower, TikTok pun berhasil menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak di download di Playstore dan Appstore. Penggunanya sendiri sudah tersebar lebih dari 150 negara di dunia.

Lantas, bagaimana dengan pengguna TikTok di Indonesia? di negara kita sendiri, TikTok memang sangat populer, karena berdasarkan analisa yang di lakukan Kompas.com, Indonesia tercatat menjadi jumlah pengunduh TikTok paling banyak.

Dengan perkembangannya yang sangat pesat seperti saat ini, banyak berbagai brand serta perusahaan di Indonesia yang mulai tertarik untuk menggunakan TikTok  ads, seperti contohnya Bukalapak, Gojek, hingga Traveloka.

Sama seperti iklan Google ads atau Facebook ads, video TikTok juga bisa membuat jutaan mata tertuju pada brand perusahaan ataupun produk Anda. Caranya bagaimana? Mari kita mengenal lebih dulu tentang jenis iklan yang berada di TikTok ads.

setelah itu mari kita bahas Gen Z secara singkat ya sobat, Gen Z atau generasi z adalah seluruh generasi yang lahir mulai tahun 1996 hingga 2012. Artinya, Gen z adalah generasi setelah milenial. Jadi, pada tahun 2022 ini, anak-anak yang berusia 9-26 tahun termasuk ke dalam gen z.

Namun demikian, sejumlah lembaga seperti badan statistik Kanada, agensi Sparks and Honey, Mccrindle Research Centre mengatakan bahwa gen z adalah generasi yang lahir mulai tahun 1995.

Apa itu Gen Z

Gen z di sebut juga dengan iGeneration. Sebutan itu terinspirasi dari nama-nama produk teknologi terkemuka di dunia, yakni Apple. Jadi, iGeneration maksudnya adalah generasi z adalah generasi internet yang memanfaatkan internet dan teknologi untuk menjalani kehidupan.

Generasi z ini memiliki keunggulan mampu melakukan multitasking alias bisa melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu, misalnya menggunakan komputer, memainkan sosial media, dan mendengarkan musik dalam satu waktu yang sama. Hal itu di karenakan gen z sudah menjumpai teknologi sejak lahir sehingga mampu mengaplikasikan teknologi dengan maksimal.

TikTok Ads, salah satu bentuk iklan di platform TikTok, telah menjadi pilihan populer untuk pemasar dalam mencapai target audiens Gen Z. Platform video pendek ini telah menjadi fenomena global dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, termasuk 60% di antaranya berusia di bawah 30 tahun. Dalam artikel ini, akan dibahas mengapa TikTok Ads efektif dalam mencapai target audiens Gen Z.

 

  1. Relevansi Konten

Gen Z di kenal sebagai konsumen yang paling sulit untuk dibujuk. Mereka lebih suka mengambil keputusan pembelian yang didasarkan pada nilai-nilai dan kualitas daripada harga. Oleh karena itu, konten yang relevan sangat penting bagi mereka. TikTok Ads dapat membantu pemasar menciptakan konten yang relevan dan menarik bagi audiens Gen Z dengan mudah. TikTok Ads memiliki berbagai format iklan seperti iklan in-feed, brand takeover, hashtag challenge, branded effects, dan lainnya. Setiap format iklan memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan pemasar.

 

  1. Penggunaan Musik

Gen Z sangat terkait dengan musik. Mereka lebih suka musik yang paling update, dan bahkan banyak dari mereka memiliki kecenderungan untuk memulai tren baru dalam musik. TikTok merupakan platform yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video dengan memadukan musik dan gerakan kreatif. Oleh karena itu, TikTok Ads dapat mengambil manfaat dari penggunaan musik dalam iklan mereka. Dengan memilih musik yang tepat, pemasar dapat menarik perhatian Gen Z dan meningkatkan efektivitas kampanye iklan mereka.

 

  1. Memanfaatkan Fitur Pencarian dan Hashtag

Fitur pencarian dan hashtag di TikTok membantu pengguna menemukan konten yang mereka inginkan dengan mudah. Hal ini juga berlaku untuk iklan TikTok. Pemasar dapat menggunakan hashtag terkait dengan merek mereka atau industri yang mereka targetkan untuk meningkatkan visibilitas iklan mereka. Selain itu, pengguna TikTok juga memiliki kecenderungan untuk berpartisipasi dalam tantangan hashtag, yang membuatnya menjadi kesempatan bagi pemasar untuk memanfaatkan kampanye iklan mereka.

Memahami Jenis-jenis Instagram Ads, Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?

 

  1. Penggunaan Influencer

Influencer marketing sangat efektif dalam mencapai target audiens Gen Z. TikTok memiliki banyak influencer dengan pengikut yang besar dan loyal. Mereka telah membangun audiens mereka dengan memposting konten yang menarik dan relevan dengan tema TikTok. Pemasar dapat memanfaatkan influencer untuk mempromosikan merek mereka atau mengajak pengguna TikTok untuk berpartisipasi dalam tantangan hashtag yang berkaitan dengan produk mereka.

 

  1. Kemampuan Targeting

TikTok Ads menyediakan kemampuan targeting yang sangat baik bagi pemasar. Pemasar dapat menargetkan iklan mereka berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan perilaku. Hal ini memungkinkan pemasar untuk mencapai audiens yang tepat dengan pesan yang relevan dan menarik. Dengan kemampuan targeting yang baik, TikTok Ads membantu pemasar mencapai audiens Gen Z yang sangat sulit untuk di capai melalui media tradisional.

 

  1. Format Video Pendek

Gen Z di kenal sebagai generasi yang cepat dan efisien dalam mengonsumsi konten. Mereka lebih suka konten yang singkat dan padat. Format video pendek yang menjadi ciri khas TikTok sangat cocok dengan preferensi Gen Z dalam mengonsumsi konten. Dengan format video pendek ini untuk menyampaikan pesan merek dengan cara yang lebih menarik dan mudah diingat oleh audiens.

 

  1. Interaksi yang Lebih Aktif

Platform interaktif yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten yang mereka konsumsi. TikTok Ads juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk membangun keterlibatan dengan audiens Gen Z. Pemasar dapat membuat iklan yang mengajak pengguna untuk berpartisipasi dalam tantangan hashtag atau meminta pengguna untuk memberikan pendapat mereka melalui survei atau polling. Hal ini akan meningkatkan keterlibatan pengguna dengan merek dan meningkatkan efektivitas kampanye iklan.

 

  1. Pengalaman Pengguna yang Menyenangkan

TikTok di kenal sebagai platform yang menyenangkan dan menghibur. Hal ini juga berlaku untuk iklan TikTok. TikTok Ads dapat memanfaatkan pengalaman pengguna yang menyenangkan dengan membuat iklan yang kreatif dan menghibur. Iklan yang menarik dan kreatif akan lebih mudah diingat oleh audiens Gen Z dan membangun kesan yang positif terhadap merek.

 

  1. Potensi Viralitas yang Tinggi

TikTok di kenal sebagai platform yang potensial untuk konten viral. Setiap konten yang menarik dan kreatif memiliki peluang untuk menjadi viral di TikTok. Hal ini juga berlaku untuk iklan TikTok. TikTok Ads yang menarik dan kreatif memiliki peluang untuk menjadi viral di platform ini dan mencapai audiens yang lebih luas. Potensi viralitas yang tinggi ini menjadi keuntungan bagi pemasar dalam mencapai target audiens Gen Z.

TikTok Ads menjadi pilihan populer bagi pemasar dalam mencapai target audiens Gen Z. Platform video pendek ini memiliki karakteristik yang cocok dengan preferensi Gen Z dalam mengonsumsi konten. Relevansi konten, penggunaan musik, fitur pencarian dan hashtag, penggunaan influencer, kemampuan targeting, format video pendek, interaksi yang lebih aktif, pengalaman pengguna yang menyenangkan, dan potensi viralitas yang tinggi menjadi faktor-faktor yang membuat TikTok Ads efektif dalam mencapai target audiens Gen Z. Dalam era digital yang semakin berkembang, TikTok Ads menjadi salah satu cara yang efektif bagi pemasar untuk menghasilkan hasil yang di inginkan.

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional. Paket

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

Video Terbaru

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Bagikan Postingan:

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi