Lewat Bidang Pertanian, PYCH Angkat Potensi Ekonomi di Papua

0
0

Bagikan Postingan:

Nusantarawanhebat.com, Jakarta – Upaya pengembangan SDM udah Papua di bidang pertanian semakin menunjukkan hasil salah satunya terlihat dari hasil kiprah potensi ekonomi di Papua Youth creative hub melalui Papua muda inspiratif yang gencar melakukan pembinaan pertanian perkebunan hingga peternakan guna angkat potensi ekonomi papua di berbagai wilayah di tanah Papua.

Pemberdayaan masyarakat Papua sebagai salah satu upaya mensejahterakan masyarakat terus di gencarkan Papua Youth creative hub atau pych, melalui anak-anak muda yang tergabung dalam Papua muda inspiratif atau PMI yang juga merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara atau Bin.

Program PMI

PMI memprioritaskan program pengembangan perikanan dan pertanian, termasuk pengelolaan sagu yang didukung dengan mesin pengolah sagu untuk efisiensi produksi. Program ini telah berhasil meningkatkan hasil produksi dari 6-8 karung menjadi 20-25 karung per pohon sagu. Sehingga usaha ayam petelur juga mengalami peningkatan pendapatan hingga puluhan juta per bulan dengan bantuan PMI.

Pendapat Tokoh

PMI Papua mengajak anak muda Papua untuk mengembangkan potensi diri dan membangun kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi. Selain itu, PMI juga telah membina 8 usaha peternakan babi dan menerapkan konsep bengkel sapi di distrik Tomage Kabupaten Fakfak dengan jumlah sapi mencapai 140 ekor yang terus bertambah. Kandang sapi tersebut dibangun di atas lahan seluas 100 hektar yang dulunya tidak produktif dan kini dioperasikan oleh PMI atas dukungan BIN.

Indonesia – Vietnam Dorong ASEAN Sebagai Episentrum Pertumbuhan

Sektor PMI

PMI memiliki kelompok pembudidaya ikan di sektor perikanan di Papua dan Papua Barat, termasuk 60 kelompok dengan sistem keramba jaring apung (KJA) di Danau Sentani, Kampung Doyo Lama, dan 3 kelompok dengan sistem bioflok di Kampung Nolokla, Sentani Timur, yang menghasilkan puluhan ribu ikan dan memberdayakan puluhan orang.

Fakta

PMI mengelola lahan jagung di Papua dan Papua Barat, termasuk di Manokwari (26 ha), Sorong (10 ha), Fakfak (400 ha), Jayapura (105,6 ha), Kerong (2 ha), dan Merauke (25 ha). Ada 400 ha lahan yang sudah diusahakan dan 70 ha sudah dipanen, akan terintegrasi dengan industri sektor Hilir. Masyarakat bersama PMI telah melakukan panen raya dan menghasilkan ratusan ton jagung di Jayapura dan Merauke.

PMI juga memiliki Pabrik Pertama di Kabupaten Jayapura dan ingin membangun bersama pemuda-pemuda setempat untuk memajukan daerah dalam era digital.

Pemerintah berharap program program ini akan melahirkan generasi emas Papua yang akan menjadi motor penggerak kemajuan dan kesejahteraan tanah Papua.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

2 komentar untuk “Lewat Bidang Pertanian, PYCH Angkat Potensi Ekonomi di Papua”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat - Sama-Sama Kaya Nikel, Indonesia-Filipina Jajaki Proyek Kendaraan Listrik

  2. Pingback: Nusantarawan Hebat - Majukan Pariwisata, Kemenparekraf Kolaborasikan Batik Indonesia dan Sutra Korea

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi