Kunjungan Wisatawan Kampung Adat Todo Manggarai NTT Meningkat

Kunjungan Wisatawan Kampung Adat Todo Manggarai NTT Meningkat
0
0

Bagikan Postingan:

Organisasi Desa Wisata Compang Todo Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat pada tahun 2023 terjadi kenaikan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Kampung Adat Todo sebanyak 4.790 wisatawan, naik dari tahun 2022 sebanyak 4.040 wisatawan.

“Kalau wisatawan mancanegara berkunjung tergantung bulannya, biasanya bulan Juni sampai Oktober, dan di bulan lainnya di dominasi wisatawan domestik,” kata Ketua Organisasi Desa Wisata Compang Todo Gregorius Geo dihubungi dari Borong, Selasa.

Kunjungan Wisatawan

Dia merinci sebanyak 4.790 wisatawan pada tahun 2023 terdiri dari wisatawan mancanegara sebanyak 2.181 orang, wisatawan domestik sebanyak 2513 orang, dan pelajar atau mahasiswa sebanyak 96 orang.

Sedangkan tahun 2022 jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 4.040 terdiri dari wisatawan mancanegara sebanyak 859 orang, wisatawan domestik sebanyak 3.049 orang dan pelajar atau mahasiswa sebanyak 132 orang.

“Terima kasih kepada pihak yang bekerja sama untuk membantu promosi seperti Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Swisscontact dan Destination Management Flores (DMO),” katanya lagi.

Dia menjelaskan para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata yang terletak di Desa Todo, Kecamatan Satar Mese Utara, Kabupaten Manggarai itu sangat tertarik dengan sejarah Kampung Todo yang di kenal sebagai pusat Kerajaan Manggarai pada masa lalu serta rumah adat Manggarai.

“Bagi wisatawan narasi yang kami berikan lebih cenderung ke sejarah Kampung Todo, karena bagaimanapun Kampung Todo ini merupakan pusat Kerajaan Manggarai dulunya,” katanya pula.

“Kalau pelajar yang datang lebih cenderung untuk foto. Karena tipe wisatawan ini ada yang tertarik untuk foto dan ada yang tertarik dengan narasi sejarah,” ujarnya.

Dia berharap kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat serta kesadaran kolektif warga untuk tetap menjaga kelestarian Kampung Todo.

“Harapan kami juga pihak media dapat kerja sama dengan kami di bidang promosi, sehingga semakin tinggi wisatawan datang ke Kampung Todo.

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% di 2024

Tantangan kami tidak semua masyarakat Kampung Todo tergabung dalam organisasi, kami yang tergabung dalam organisasi hanya 28 orang, sehingga yang kami harapkan orang-orang yang di dalam dan di luar organisasi supaya kita sama-sama melestarikan Kampung Todo ini,” kata dia lagi.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.

Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi