Kenali Pengertian CMS beserta Manfaatnya

0
0

Bagikan Postingan:

Apabila kalian sedang membaca artikel ini, itu adalah keputusan yang tepat untuk mempelajari pengertian dari Content Management System atau CMS. CMS adalah hal yang berperan penting dan tak tergantikan untuk perkembangan dunia digital melalui website, blog, dan toko online. Namun terlepas dari jenis dan tujuan dari sebuah situs web, CMS memiliki peranan penting dalam pengelolaan dan pembuatan konten.

Di artikel ini kamu akan belajar mengenai segala hal yang perlu di ketahui tentang CMS. Mulai dari apa itu CMS, apa saja manfaatnya,

Yuk, simak karena akan langsung kita bahas!

Apa itu Content Management System?

Content Management System (CMS) adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengelola, mengubah, dan mempublikasikan konten web. CMS juga memungkinkan beberapa pengguna sekaligus untuk berkolaborasi dalam mengelola konten web.

Pada umumnya, konten web disimpan dalam sebuah basis data (database) dan dikelola dengan DBMS. Pengelolaan melalui DBMS memerlukan pengetahuan perintah (command) tertentu, sehingga sehingga tidak sembarang orang yang bisa menggunakannya.

Jelajah Kota Tua dan sekitarnya

Salah satu peran penting CMS adalah menyajikan data yang sama dengan user interface (UI) berbentuk visual, sehingga lebih mudah digunakan oleh pengguna tanpa perlu pengetahuan teknis.

Berikut ini adalah beberapa peran penting CMS lainnya:

  • Mempermudah pembuatan konten.
  • Mempermudah penyimpanan dan pengelolaan konten.
  • Memungkinkan kolaborasi dan multi-user.
  • Memudahkan proses publikasi dan editing konten.

Secara singkat, CMS adalah sebuah program yang di tujukan untuk mempermudah sebagian besar pekerjaan terkait konten web. Adanya CMS juga membantu kamu untuk membuat website sendiri tanpa perlu kemampuan programming atau coding.

Nah itu CMS secara singkat, kemudian ad beberapa manfaat dari penggunaan CMS nih sobat, Simak yaa!

Manfaat Menggunakan CMS untuk Website

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama yang dapat di peroleh dari penggunaan CMS.

1. Memungkinkan Kolaborasi dengan Banyak User

Salah satu manfaat utama yang di peroleh dari Content Management System  sifatnya yang kolaboratif. Artinya, kamu dapat bekerja sama dengan banyak pengguna lain secara bersamaan dalam ruang penyimpanan yang sama.

Fitur ini memungkinkan sebuah website atau blog untuk memiliki banyak pengguna dengan level akses tertentu seperti guestauthoreditor, dan administrator.

2. Memiliki Tampilan yang User-Friendly

Manfaat kedua dari CMS adalah sifatnya yang ramah terhadap pengguna tanpa memandang kemampuan teknis.

Pada umumnya, sebuah CMS memiliki fitur What You See Is What You Get (WYSIWYG) — artinya k0nten yang kamu lihat adalah konten yang akan di publikasikan.

Tampilan CMS yang lebih visual dan intuitif memungkinkan pengguna non-teknis tanpa kemampuan programming untuk membuat dan mengelola konten web mereka sendiri.

3. Mempermudah Pengelolaan Konten

Jika kamu pernah membuka website raksasa dengan banyaknya halaman atau toko online dengan ratusan ribu produk, mungkin kamu pernah bertanya:

Bagaimana mereka bisa selalu mengelola jutaan halaman tersebut?

Adanya Content Management System dapat memungkinkan pengelolaan konten dalam jumlah besar secara lebih praktis. Dalam sebuah CMS, biasanya terdapat fitur seperti kategori, pencarian, tag, pengurutan, dan filter. Kalian bisa mengkategorisasikannya sendiri.

Fitur-fitur tersebut dapat di gunakan oleh pengelola website untuk mengurus konten dengan lebih cepat tanpa perlu berurusan langsung dengan database.

4. Meningkatkan Efisiensi Bisnis Online

Secara tidak langsung, CMS adalah salah satu komponen penting dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis online di ranah digital marketing dan content marketing.

Startup dan UKM pada umumnya memiliki dana terbatas, sehingga mengurangi kemungkinan untuk membayar web developersysAdmin, atau pekerja teknis lainnya.

Jika dibandingkan dengan upah minimum web developer yang sebesar Rp6 juta per bulan, biaya pembuatan website bisnis atau website toko online sangatlah kecil.

5. Mempermudah Penambahan Fungsi Website

Adanya CMS juga memudahkan kamu dalam menambahkan fungsi dan fitur baru dengan mudah. Sebagian besar CMS yang tersedia saat ini sudah mendukung fitur instalasi plugin dengan berbagai macam fungsi.

CMS WordPress sendiri sudah memiliki lebih dari 50 ribu plugin gratis dengan berbagai fungsionalitas mulai dari meningkatkan on-page SEO hingga mengintegrasikan konten media sosial ke website.

Nah itu dia sobat nusantarawan hebat 5 manfaat cms, apabila kalian bingung mencari jasa pembuatan website kalian bisa konsultasi di sini ya www.nusantarawanhebat.com

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional.

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

TONTON SELENGKAPNYA!

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi