Keamanan Siber Jadi Pilar Utama Ekonomi Digital

Keamanan Siber Jadi Pilar Utama Ekonomi Digital
0
0

Bagikan Postingan:

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menghadiri Rapat Koordinasi Diseminasi Keamanan Siber dan Sandi Jumat (7/7/2023). dalam rapat ini, Susiwijono mengungkapkan bahwa ekonomi digital merupakan sektor yang potensial dalam mendukung pencapaian Visi Indonesia 2045.

Susiwijono menjelaskan, pemerintah terus mendorong pengembangan ekonomi digital guna meningkatkan produktivitas pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta masyarakat. Melalui transformasi digital, perekonomian Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang lebih besar.

UMKM

“Karena itulah, kita, Pemerintah senantiasa mendorong berbagai upaya untuk melakukan pengembangan ekosistem ekonomi digital ini, terutama dengan menyiapkan berbagai kebijakan dan regulasi seperti di sektor keuangan, pendidikan, kesehatan, perdagangan, perindustrian, dan sebagainya,” tutur Susiwijono.

Dalam rapat koordinasi yang merupakan kolaborasi Kemenko Perekonomian dengan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) yang bertujuan untuk memitigasi risiko keamanan siber dan mendukung percepatan transformasi digital tersebut, Sesmenko Susiwijono juga mengatakan bahwa berkembangnya perekonomian digital di ikuti dengan peningkatan risiko keamanan siber (cyber security).

Rally 2023 Momentum Promosikan Kawasan Danau Toba

Risiko tersebut dalam bentuk malware dan kejahatan siber yang terorganisir mulai dari rusaknya reputasi korporasi yang dampaknya cukup signifikan terhadap bisnis, hingga kerugian materiil akibat pencurian data pribadi, pelanggaran hak kekayaan intelektual, serta risiko-risiko fatal lain.

“Cyber security menjadi prioritas yang sangat penting bagi keamanan nasional kita ke depan. Dan saya kira juga berbagai negara sudah menempatkan ini sebagai prioritas keamanan. Karena itulah Pemerintah perlu memastikan bahwa semua upaya pertumbuhan ekonomi digital ini nanti terus diimbangi dengan keandalan di dalam ranah cyber security-nya,” ujar Sesmenko Susiwijono.

Keamanan siber juga menjadi salah satu pilar utama upaya pengembangan ekonomi digital Indonesia yang di harapkan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital.

Lebih lanjut, Sesmenko Susiwijono mengatakan bahwa berbagai kesepakatan tingkat internasional juga sudah mulai berbicara mengenai niat dan komitmen bersama untuk mendorong ekonomi digital, salah satunya dalam ASEAN Summit 2023.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi