Kaya Keindahan Alam, Sumenep Diserbu Turis Lokal-Asing

Kaya Keindahan Alam, Sumenep Diserbu Turis Lokal-Asing
0
0

Bagikan Postingan:

Kabupaten Sumenep, di Madura, Jawa Timur, kian ramai di kunjungi wisatawan. Hal ini terlihat dari lonjakan jumlah turis Lokal-Asing yang berlibur ke Sumenep pada tahun 2023.
Di ketahui, tahun lalu Kabupaten ini di kunjungi sebanyak 1.533.385 turis. Jumlah ini naik drastis dari yang sebelumnya 1.057.434 wisatawan pada 2022.

Pemerhati pariwisata A. Faidlal Rahman (Faid) mengatakan peningkatan jumlah turis yang datang wajar saja. Apalagi menurutnya Kabupaten Sumenep menawarkan daya tarik wisata yang komplit, mulai dari keindahan alam hingga kekayaan budaya, sehingga memikat wisatawan domestik maupun turis asing.

Potensi Pariwisata

“Sumenep ini merupakan sebuah destinasi pariwisata yang memiliki potensi yang cukup besar. Baik itu dari sisi budayanya, keagamaannya, tradisinya, dan potensi alamnya. Artinya kabupaten Sumenep ini adalah destinasi pariwisata yang lengkap ketimbang tiga kabupaten lainnya di Madura,” katanya kepada detikcom, Sabtu (13/1/2024).

“Orang datang ke Sumenep itu pasarnya yang paling dominan itu adalah wisata ziarah. Selain itu ada wisata alamnya dengan pantai, Gili Iyang, Pantai Sembilan, event-event juga yang di selenggarakan kan seperti itu. Semuanya dapat menunjang jumlah dan peminat orang untuk berkunjung ke Sumenep,” terangnya.

Lebih lanjut ⁠Tenaga Ahli Pariwisata Bupati ini memaparkan Kabupaten Sumenep juga menonjol dengan peninggalan sejarah kerajaan yang masih beririsan dengan era Kerajaan Singasari dan Majapahit. Hal ini yang membuatnya berbeda dari kabupaten lain di Pulau Madura.

“Kalau boleh saya katakan ini bagaikan Solo gitu (kalau di Jawa Tengah). (Kerajaan) itu tidak di miliki oleh tiga kabupaten lain,” terangnya.

Tahun 2024, Sektor Pariwisata Diprediksi Cerah

Di sisi lain, Faid yang juga Tourismologist Universitas Brawijaya ini memuji kinerja Pemerintah Kabupaten Sumenep di bawah nakhoda Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo atau yang akrab di sapa Cak Fauzi. Dia menilai Cak Fauzi tak hanya bertindak sebagai bupati, melainkan turut aktif dalam mempromosikan beragam daya tarik pariwisata.

Hal di lakukan melalui penyelenggaraan event offline, tapi juga online dengan memanfaatkan platform media sosial.

“Beliau itu tidak hanya menjadi bupati, tapi beliau itu promotor juga. Marketer juga bagi daerahnya. (Dia) ajak orang untuk datang. Milenial-milenial beliau ajak berkolaborasi untuk mempromosikan potensi. Instagram-Instagram pemerintah daerah terutama OPD terkait juga aktif,”

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi