Jelang Nataru, Mendag Jamin Stok & Harga Bahan Pokok Aman

Jelang Nataru, Mendag Jamin Stok & Harga Bahan Pokok Aman
0
0

Bagikan Postingan:

Di lansir dari Detikfinance, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pastikan harga dan stok barang kebutuhan pokok aman jelang Nataru (Natal dan Tahun Baru 2023). Hal tersebut di ungkapkan olehnya saat melakukan tinjauan ke salah satu gerai ritel modern di daerah Jakarta Barat, 8 Desember 2022.
Dalam kunjungan tersebut turut di hadiri oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dan Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kasan.

“Secara keseluruhan, stok tersedia dan harganya stabil. Oleh karena itu, sekali lagi stok tersedia, harganya stabil. Segala hal kita lakukan agar stok bahan pokok aman,” kata Zulkifli dalam keterangan tertulis, Kamis (8/12/2022).

Ia mengatakan untuk harga beras di ritel modern tergolong masi stabil, bahkan terdapat beras dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET). Sementera untuk harga beras Bulog tidak ada perubahan.

“Bahkan, tadi di sini ada beras dengan harga di bawah HET yang di produksi Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta,” tuturnya.

Menlu Ajak Negara Kepulauan Bermitra Majukan Ekonomi Kelautan

Data Inflasi

Ia mengatakan inflasi pada November 2022 tercatat sebesar 5,42 persen, turun dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 5,71 persen. Menurutnya, hal tersebut berarti terdapat harga barang kebutuhan yang mengalami penurunan di pasar, termasuk ayam. Namun, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, misalnya telur.

“Kenaikan harga telur disebabkan permintaan yang meningkat jelang Natal dan tahun baru. Harga telur naik sedikit karena permintaan naik. Nanti kalau permintaannya biasa lagi, harganya akan turun kembali. Kenaikan ini masih wajar sebesar Rp 30.700/kg, tetapi di ritel modern masih Rp 27.000/kg,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya terus menjalin koordinasi dengan banyak pihak untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok.

“Pemerintah selalu berdiskusi dengan pemangku kepentingan, termasuk asosiasi pelaku usaha untuk cari jalan keluar bersama,” ungkapnya.

Jelang Nataru, Mendag Jamin Stok &Amp; Harga Bahan Pokok Aman

“Kita hari ini meninjau ritel modern memastikan stok ada. Stok hari ini sampai jelang Natal dan tahun baru ada. Pemerintah pusat juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan operasi pasar. Masyarakat atau konsumen di persilakan hadir untuk mendapatkan harga bapok terjangkau,” tutupnya.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

 

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi