Indonesia Jadi Pasar Game Mobile ke-3 Terbesar Dunia

Indonesia Jadi Pasar Game Mobile ke-3 Terbesar Dunia
0
0

Bagikan Postingan:

Laporan State of Mobile Gaming 2023 menyebutkan, Indonesia merupakan pasar game mobile terbesar ke-3 berdasarkan unduhan Google Play. Hal ini di sampaikan analisis data mobile, data.ai, yang mengutip State of Mobile 2023 Gaming Report sebagai laporan analisis ekspektasi dan kebiasaan konsumen terhadap aplikasi game mobile.

Dalam laporan itu di sebutkan, para gamer Indonesia menghabiskan total US$ 370 juta atau Rp 5,55 triliun untuk game mobile pada 2022, meningkat US$ 50 juta dari tahun 2021. Adapun, jumlah unduhan game mobile turut meningkat sebanyak 320 juta, dari tahun sebelumnya menjadi 3,45 miliar pada 2022. Head of Insights data.ia, Lexy Sydow mengatakan, riset itu menunjukkan bahwa minat terhadap game mobile masih sangat tinggi.

Pasar Indsutri Game

“Sebagai salah satu pasar terbesar di industri game mobile dengan lebih dari 3 miliar unduhan tahun lalu, terdapat peluang untuk pertumbuhan yang signifikan bagi pasar game di Indonesia,” katanya di kutip dari Antara, Rabu (19/4).

Secara global, jumlah belanja konsumen untuk game mobile turun 5% menjadi US$ 110 miliar pada 2022. Hal itu dapat di kaitkan dengan dua tren resesi dan ketidakpastian ekonomi global, serta perubahan peraturan tentang target pengguna yang berdampak pada pendapatan para penerbit game mobile.

Namun, menurut data.ai, hal itu menjadi koreksi jangka pendek selama kuartal I 2023, dalam pola kenaikan jangka panjang, mengingat gamer di dunia saat ini menghabiskan sekitar US$ 1,64 miliar dan mengunduh hampir 1,2 miliar game setiap pekan.

Meskipun angka-angka itu belum mencapai tingkat belanja konsumen di masa puncak pandemi, gamer di seluruh dunia mengikuti tren untuk terus mengeluarkan uang melampaui total nominal belanja game mobile pada kuartal I 2020, atau naik 30% dari masa sebelum pandemi.

Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, dan Jepang memberikan kontribusi terbesar terhadap tingkat belanja konsumen di dunia, berdasarkan unduhan Google Play pada kuartal I 2023. Demikian pula pada iOS, performa teratas di tempati oleh AS, Tiongkok, dan Jepang.

Ekonomi RI Bisa Lampaui Rusia di 2025

Berdasarkan pertumbuhan, para gamer di Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan mengalami pertumbuhan terbesar di banding kuartal IV 2022. India dan Brasil memimpin sebagian besar aktivitas di Google Play dari segi jumlah unduhan. Sementara itu, Turki, Rusia, dan Irak mencatat pertumbuhan jumlah unduhan absolut terbesar dalam perhitungan kuartalan.

Pada iOS, pasar terbesar di pimpin oleh AS dan Cina, dengan penambahan unduhan terbanyak berasal dari AS, Turki, dan Rusia.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi