Geser China, Indonesia dan India Negara Terkuat di Asia!

0
0

Bagikan Postingan:

Di tengah ketidakpastian global, Indonesia dan India menjadi negara yang memiliki kinerja ekonomi terkuat di Asia. Tercermin dari Purchasing Managers Index Manufaktur atau PMI per Juli 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan berdasarkan PMI Manufaktur pada periode itu, mayoritas negara-negara dunia tengah mengalami kontraksi atau angka indeksnya di bawah 50.

Namun, hal ini tidak terjadi pada India dan Indonesia. Indonesia menjadi bagian dari kategori negara yang mengalami ekspansi dari sisi indikator PMI dengan angka indikator di level 53,3. Ini bersama dengan India yang mencapai 57,8.

“Indonesia dan India adalah dua negara yang memiliki ekonomi kuat dan mengalami pertumbuhan tinggi sementara ada negara di ASEAN maupun Asia yang selama ini cukup kuat tapi dalam kondisi terimbas oleh perekonomian global yang melemah,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers APBN, di kutip Minggu (13/8/2023).

Sorotan Media

India dan Indonesia pernah menjadi sorotan media asing. Majalah The Economist menyebut keduanya akan memiliki perkembangan pesat di antara 20 negara dengan ekonomi besar lainnya atau dalam kelompok G-20.

Ini di muat dalam artikel yang berjudul “Asia’s Greatest Race : Which will go faster: India or Indonesia?”.

Di katakan bahwa: “Both countries are pioneering new ways to get rich in a troubled world.”

Artinya kedua negara mengagas cara baru untuk menjadi kaya di tengah dunia yang bermasalah. Oleh karena itu, Sri Mulyani menilai kedua negara memiliki persamaan.

India dan Indonesia di ramalkan akan memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat pada 2023 mendatang.

Saat dunia mengalami era de-globalisasi, geopolitik, hingga pergeseran energi, Indonesia dan India di nilai bakal sukses mencari formula politik untuk memenangkan pemilu dan meminimalisir keresahan sosial.

Baik India dan Indonesia punya beberapa persamaan. Termasuk memiliki pemimpin yang disebut karismatik terpilih pada 2014 yakni Narendra Modi dan Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, kedua negara juga memiliki wilayah luas dengan jumlah penduduk yang banyak. Saat ini ada 1,4 miliar masyarakat India dan 280 juta Indonesia.

Tak hanya itu, Sri Mulyani pun menambahkan kesamaan yang lain.

UMKM Bawa Sapi Perah Lokal Naik Kelas

“India dan Indonesia sama-sama memiliki Menteri Keuangan Perempuan. Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani dan Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman,”

Dari sisi PDB, Sri Mulyani mengungkapkan posisi India saat ini menyentuh US$3,74 triliun berbanding US$1,34 triliun.

Jelas posisi Indonesia masih tertinggal. Begitupun dengan angka populasi, penduduk India tercatat sebanyak 1,4 miliar penduduk. Jauh lebih banyak dari Indonesia.

Namun urusan utang, Sri Mulyani menegaskan Indonesia lebih unggul dalam menjaga tingkat utangnya.

Utang India telah mencapai 83% dari nilai PDB-nya. Sementara itu, Indonesia tercatat mencapai 39,1% dari PDB.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi