8 Fakta Indonesia Kaya Raya

8 Fakta Indonesia Kaya Raya
0
0

Bagikan Postingan:

Fakta Indonesia adalah negara yang sangat besar dan kaya raya. Mulai dari jumlah penduduk, luas wilayah, sumber daya alam hingga seni budaya dan adat istiadatnya. Dilihat dari Jumlah penduduknya, penduduk Indonesia  merupakan yang keempat terbesar didunia, setelah Cina, India, dan Amerika.

Yuk kita bahas beberapa kekayaan Indonesia menurut Nusantarawan Hebat.

1. Hutan Indonesia Terluas Ketiga di Dunia

Luas hutan Indonesia sekitar 99 juta hektar yang membentang dari Indonesia bagian barat sampai bagian timur. Maka dari itu Hutan di wilayah Indonesia adalah hutan terluas ketiga di dunia.

Hutan di Indonesia disebut sebagai hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis yang dimiliki Indonesia adalah hutan yang sangat hijau dan juga lebat. Luasnya hutan di Indonesia memiliki peran yang sangat penting sebagai penjaga keseimbangan alam di dunia.

Menurut data Forest Watch Indonesia (FWI) pada 2013, ada sebanyak 82 hektar luas daratan Indonesia yang masih tertutup oleh hutan, memiliki wilayah yang luas, potensi kekayaan hutan di Indonesia sangat besar dengan menyimpan kekayaan flora dan fauna atau keanekaragaman hayati yang sangat besar. Bahkan, banyak diantaranya merupakan spesies endemik atau hanya ditemukan di Indonesia.

2. Indonesia Pengekspor Gas alam Terbesar di Dunia

Menurut data Kementerian ESDM, pada 2011 Indonesia memiliki cadangan gas alam terbukti sebesar 104,71 triliun kaki kubik persegi (trillion square cubic feet/TSCF).

6 Potensi Sektor Ekonomi Indonesia

Perkembangan terkini, pada Oktober 2022 Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Pertamina EP Regional 4 Zona 11 telah menemukan cadangan gas baru di Blok Cepu, Lapangan Banyu Urip, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

Meski persentase gas alam Indonesia kecil, tetapi Indonesia adalah negara pengekspor gas alam terbesar di dunia.

3. Indonesia Penghasil Batu bara Terbesar Ketiga di Dunia

Fakta Indonesia adalah penghasil batu bara terbesar ketiga di dunia. Beberapa media internasional menyatakan tambang batu bara yang terbesar berada di Indonesia.

Dengan produksi sebanyak 281,7 ton, Indonesia menempati peringkat ketiga penghasil batubara terbanyak di dunia setelah China dan Amerika Serikat. Indonesia juga menempati peringkat kedua eksportir batubara di dunia.

4. Indonesia Penghasil Emas Terbesar Ke-9 di Dunia

Fakta Indonesia di kenal sebagai negara yang memiliki simpanan emas yang besar di dalam bumi. Kualitas emas Indonesia juga merupakan yang terbaik di dunia.

Berdasarkan data dari US Geological Survey (USGS), pada tahun 2015, Indonesia merupakan penghasil emas terbesar ke-9 di dunia. Tiap tahunnya, Indonesia mampu memproduksi sebanyak 10 ton emas.

Dikutip dari laman gold.org, Kamis (16/6/2022), Indonesia menempati posisi ke 9 dalam daftar negara penghasil emas terbesar, Indonesia mampu memproduksi sebanyak Indonesia (117,5 ton)

5. Indonesia Penghasil Teh Terbesar Ke-7 di Dunia

Teh yang di yakini berasal dari daratan Asia ini memerlukan kelembaban dan suhu yang konstan sehingga wilayah yang memiliki tropis dan subtropis merupakan tempat yang ideal untuk membudidayakan tanaman teh.

Sebelumnya Indonesia menempati peringkat kelima sebagai penghasil teh terbanyak di dunia, tapi peringat tersebut menurun karena banyak kebun teh yang di alihkan fungsinya

Menurut FAO, produksi teh Indonesia mencapai 130 ribu ton (2015)  dan hampir 50%-nya menjadi komoditi ekspor.

8 Fakta Indonesia Kaya Raya

6. Indonesia Penghasil Kopi Terbesar Ke-4 di Dunia

Direktur Executive Sustainable Coffee Platform Indonesia (Scopi), Veronica Herlina, mengatakan, Indonesia saat ini menjadi negara penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia.

Belanda membawa kopi masuk ke Indonesia pada tahun 1669. Pada abad ke-17, Indonesia menjadi penghasil kopi terbanyak pertama di dunia. Paska kemerdekaan produksi kopi di Indonesia sempat menurun.

Kopi Indonesia kembali melejit di tahun 2000-an. Indonesia masuk dalam urutan keempat negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Total produksi kopi di Indonesia di perkirakan sebesar 660.000 ton per tahun 2016. Keanekaragaman cita rasa kopi yang tumbuh di berbagai daerah di Indonesia di akui oleh masyarakat internasional.

7. Penghasil Beras Terbanyak Ke-3 di Dunia

Sejak tiga tahun terakhir,  produksi padi Indonesia berdasarkan data FAO terus mengalami peningkatan yang cukup tinggi, yakni sebesar  54,65 juta ton pada 2020. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga penghasil beras terbanyak di dunia.

Namun di sisi lain, Indonesia juga merupakan negara dengan konsumsi beras terbesar di dunia. Setidaknya ada 270 juta penduduk yang selama ini bergantung pada makanan pokok jenis beras. Inilah yang menjadikan Indonesia masih perlu melakukan impor beras dari negara lain.

8. Penghasil Rempah-Rempah Terbesar ke-4 di Dunia.

Indonesia adalah produsen terbesar rempah-rempah dunia sehingga para penjajah khususnya dari negara Belanda, Portugis dan Inggris datang berbondong-bondong ke Indonesia.

Indonesia sendiri juga merapakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia, Indonesia menempati urutan ke empat sebagai negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia, berdasarkan catatan FAO jumlah produksi rempah-rempah Indonesia pada tahun 2016 sebanyak 113,649 ton.

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional.

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

Video Terbaru

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar membership di Nusantarawan Hebat.Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat Group
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi