F1 Powerboat, Magnet Baru Pariwisata Danau Toba

0
0

Bagikan Postingan:

Tahun ini menjadi masa penting bagi Indonesia untuk mengembalikan kondisi usai di hantam tsunami pandemi Covid-19 yang meluluhlantakkan sendi-sendi perekonomian nasional hampir tiga tahun lamanya. Pencabutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Desember 2022, sejak diberlakukan pada 11 Januari 2021, menjadi salah satu bukti kesiapan Indonesia untuk bangkit F1 Powerboat, Magnet Baru Pariwisata Danau Toba.

Upaya pemulihan nasional oleh pemerintah secara perlahan mulai menampakkan hasil, salah satunya di sektor pariwisata. Sebanyak 4,58 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Nusantara pada periode Januari hingga November 2022, sesuai data Badan Pusat Statistik. Malaysia, Timor Leste, Australia, Singapura, dan India tercatat sebagai penyumbang turis terbanyak ke Indonesia.

F1 Formula

Jutaan pelancong asing itu mendatangi ratusan objek wisata yang menawarkan beragam pesona keindahan alam, kekayaan budaya, dan adat istiadat, ditambah keramahan penduduk sejak dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote. Mereka juga tentunya berkunjung ke lima kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) yang dimasukkan pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020–2024.

Kendati begitu, berbagai upaya di lakukan pemerintah untuk mendongkrak kondisi seperti semula. Hanya saja, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengakui, indeks pariwisata Danau Toba paling rendah dibandingkan empat DPSP lainnya. Keempat DPSP itu adalah Candi Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Sebuah terobosan besar pun dilakukan untuk memunculkan kembali minat turis untuk datang ke Danau Toba. Jika di Mandalika mampu menghadirkan kejuaraan dunia balap motor paling bergengsi, MotoGP dan World Superbike, maka Danau Toba tak lama lagi bakal menggelar Formula Satu (F1) Powerboat, sebuah kejuaraan balap perahu motor berkecepatan hingga 250 km per jam.

Pasar Seni Sukawati Makin Cantik, Jadi Magnet Wisata Kerajinan Bali

Setiap perahu motor sanggup mencapai kecepatan 100 km per jam hanya dalam dua detik saja karena di tenagai oleh mesin berformasi V8 berkekuatan 500 tenaga kuda (horse power). Saat di lajukan dalam kecepatan penuh, tubuh bagian depan perahu motor selalu terangkat dari permukaan air, membuatnya seperti hendak terbang saja. Tentunya ini akan menjadi atraksi menarik dan mampu menyedot puluhan ribu penonton.

Danau Toba akan menjadi seri pembuka dari rangkaian balap yang akan diadakan di beberapa negara, mirip seperti MotoGP dan World Superbike. Hajatan besar yang di ikuti 20 pebalap itu akan digelar pada 24-26 Februari 2023. Lokasinya berada di tepian Danau Toba dekat Pelabuhan Penyeberangan Mulia Raja Napitupulu, Kecamatan Balige, Kota Balige, Kabupaten Toba.

“Nilai indeks pariwisata Danau Toba paling rendah dibanding DPSP lain. Untuk itu F1 Powerboat dapat menjadi alat meningkatkan indeks pariwisata berkualitas ini,” kata Luhut dalam rapat koordinasi kesiapan F1 Powerboat di Danau Toba, 14 Oktober 2022 lalu seperti di kutip dari Antara.

Dalam kesempatan itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly menyatakan, akan menyiapkan layanan keimigrasian kepada peserta lomba seperti visa on arrival. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate akan menyiapkan narasi publikasi, melakukan peliputan, dan juga menyediakan fasilitas media center untuk mendukung perhelatan tersebut.

Mari bergabung bersama https://Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Bagikan Postingan:

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi