Ekspor Rendang sampai Rempah ke Eropa

Ekspor Rendang sampai Rempah ke Eropa
0
0

Bagikan Postingan:

Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sepakat untuk berkolaborasi dalam pengembangan kapasitas Industri Kecil dan Menengah (IKM), Koperasi, BUMDesa, BUMDESMA, serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berorientasi ekspor di Provinsi Sumatera Barat. Salah satunya mendorong ekspor rendang dan rempah yang menjadi andalan wilayah tersebut.

Ekspor Rendang

Provinsi Sumatera Barat memiliki potensi besar dalam pasar ekspor, di perkuat oleh kekayaan budaya yang menjadi ciri khas Indonesia. Keberagaman kuliner seperti rendang, serta beragam kerajinan, fashion, dan rempah-rempah, memberikan berbagai peluang bagi pelaku usaha berorientasi ekspor di Sumatera Barat.

Ekspor Sumatera Barat pada Oktober 2023 mencapai USD193,53 juta, dengan produk andalan seperti Crude Palm Oil (CPO), produk kimia, dan karet.

Pakistan tetap menjadi tujuan utama ekspor, menyumbang 34,53% pangsa, di ikuti oleh India dan Bangladesh dengan masing-masing 31,80% dan 9,71%.

Kementerian Keuangan, melalui Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Sumatera Barat, Syukriah HG, berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

MoU antara LPEI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat diarahkan untuk memberdayakan UMKM yang siap ekspor.

“Mimpi kita bersama menjadikan tidak hanya satu nagari (desa) devisa di Sumatera Barat, namun banyak nagari (desa) menjadi kota dan kabupaten devisa di Sumatera Barat. Insya Allah bisa,” kata Syukriah.

Pertumbuhan Ekonomi RI Diprediksi Tahan Banting, Stabil di 5%

Pasar Ekspor

Direktur Pelaksana Hubungan Kelembagaan LPEI, Chesna F. Anwar, mengungkapkan potensi besar Sumatera Barat sebagai pasar ekspor, terutama melalui makanan terlezat dunia, rendang.

Sebagai contoh, Bulgaria memiliki satellite kitchen yang memproduksi 30 ton rendang per bulan untuk di distribusikan ke Eropa.

LPEI akan memberikan pendampingan melalui program seperti Coaching Program for New Exporters (CPNE), Program Desa Devisa, dan Marketing Handholding untuk membuka pasar ekspor di Sumatera Barat.

Kolaborasi dengan semua pihak dianggap penting untuk membangun fondasi program pengembangan ekspor dan mewujudkan keberhasilan Desa Devisa dalam mengangkat ekonomi masyarakat Sumatera Barat.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi