Ekonomi RI Tangguh di Tengah Tantangan Global Sepanjang 2023

Ekonomi RI Tangguh di Tengah Tantangan Global Sepanjang 2023
0
0

Bagikan Postingan:

Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan bahwa 2023 menjadi tahun yang tidak mudah bagi ekonomian global. Meski pandemi telah berakhir, peningkatan tensi geopolitik dan pengetatan likuiditas global membayangi aktivitas ekonomi global sepanjang tahun 2023.

Perang Rusia-Ukraina yang masih berlangsung, konflik Palestina-Israel dan meningkatnya fragmentasi global menambah disrupsi sisi supply yang telah terjadi sejak pandemi Covid-19. Sementara itu, El Nino yang berkepanjangan telah menyebabkan naiknya harga komoditas pangan global.

Keungan Global

Meskipun inflasi mulai melandai di 2023, suku bunga acuan di berbagai negara bertahan di level tinggi hingga akhir tahun (high for longer). Pasar keuangan global, khususnya di negara berkembang, mengalami banyak guncangan sepanjang tahun 2023. Aliran modal keluar meningkat menimbulkan tekanan pada nilai tukar lokal. Hal ini menimbulkan tekanan berat di sisi fiskal dengan meningkatnya beban utang Pemerintah di banyak negara.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan di tengah tantangan global yang masih tinggi Indonesia berhasil menavigasi perekonomian dengan cukup baik. Menurut dia, tidak banyak negara-negara di dunia yang mampu tumbuh di atas 5 persen. “Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu tumbuh kuat,” ujar Febrio lewat keterangan tertulis pada Rabu, 3 Januari 2024.

Ekonomi Meningkat Hingga Rp 333,5 Triliun pada Momen Lebaran

Kombinasi pengetatan kebijakan moneter di banyak negara, meningkatnya tensi geopolitik serta fenomena El Nino berdampak negatif pada kinerja ekonomi global. Pertumbuhan global 2023 diperkirakan melambat signifikan ke 3,0 persen dari sebelumnya 3,5 persen tahun 2022 berdasarkan World Economic Outlook dari International Monetary Fund (IMF) pada Oktober 2023.

Perekonomian Amerika Serikat memang masih cukup resilien, tapi dihadapkan pada tekanan fiskal yang terus meningkat. Perekonomian Eropa tumbuh sangat lemah, terutama Jerman yang sudah mengalami kontraksi dalam beberapa kuartal terakhir.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi