Ekonomi Jakarta Diperkirakan Bisa Tumbuh 5,6% sepanjang 2023

0
0

Bagikan Postingan:

Di lansir dari Liputan6.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional tetap tumbuh positif pada 2023 ini. Ekonomi Provinsi DKI Jakarta pun di bidik mencatatkan pertumbuhan yang lebih tinggi dengan kisaran 4,8-5,6 persen untuk tahun yang sama.

Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Arlyana Abubakar mengatakan pada triwulan III-2023, pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta di topang konsumsi seiring meningkatkan mobilitas masyarakat. Sektor Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition atau MICE yang menggeliat juga di gadang jadi penopang  tersebut.

“Banyaknya penyelenggaraan MICE dan event berskala besar, juga di topang oleh kinerja investasi sejalan dengan penyelesaian proyek strategis baik pemerintah maupun swasta,” ujarnya dalam Jakarta Economic Forum 2023, di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

“Dan juga konsumsi pemerintah yang di  dorong oleh akselerasi penyerapan realisasi anggaran di semester 2 2023. Dan tentunya kinerja LNPRT meningkat sejalan dengan berbagai aktivita smenjelang pemilu 2024,” sambungnya.

Ekonomi Ibu Kota

Arlyana mencatat, ada 5 sektor yang turut menopang pertumbuhan ekonomi Ibu Kota. Diantaranya, sektor perdagangan, manufaktur, konstruksi, informasi dan komunikasi, serta jasa keuangan.

“Berdasarkan perkembangan tersebut, secara keseluruhan tahun 2023 ekonomi Jakarta di perkirakan akan tetap tumbuh kuat di kisaran 4,8-5,6 persen,” tegasnya.

Produksi Wedang Uwuh Tembus Pasar Ekspor hingga Amerika

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta dan nasional yang tinggi ini di sertai dengan tingkat inflasi yang terkendali. Dia menegaskan, tingkat inflasi masih berada dalam kisaran 2-4 persen.

Pada kesempatan itu, Arlyana menyampaikan pada triwulan III-2023 pertumbuhan ekonomi nasional juga cukup baik. Beberapa faktor seperti konsumsi swasta ikut menjadi penopangnya.

“Jadi pada triwulan III 2023 ini pertumbuhan ekonomi Indonesia di topang oleh konsumsi swasta, termasuk disini adalah konsumsi dari generasi muda yang meningkat sejalan dengan peningkatan konsumsi di sektor jasa,” bebernya.

Hal itu kembali di pertegas dengan tingkat keyakinan konsumen Indonesia yang berada pada posisi yang tinggi. Utamanya pada prospek perekonomian Indonesia kedepan.

“Dan dengan perkembangan tersebut, pertumbuahn ekonmi di tahun 2023 diperkirakan akan berada di kisaran 4,5 sampai dengan 5,3 persen,” pungkasnya.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi