Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% pada 2024

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% pada 2024
0
0

Bagikan Postingan:

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,2% pada tahun ini, kendati tekanan eksternal cukup kuat. Sri Mulyani mengakui dengan asumsi pertumbuhan 5,2%, meskipun dia melihat ada downside risk yang cukup tinggi.

Kekhawatiran ini terpancar dari proyeksi lembaga-lembaga dunia masih memperlihatkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini cukup baik, yakni IMF memperkirakan PDB Indonesia 5%, World Bank 4,9%, dan OECD 5,2%.

Ekonomi Indonesia

“Ini jelas mereka recognise downside risk sehingga lebih rendah dari APBN kita di 5,2%,” paparnya di dalam rapat dengan Komisi XI, DPR, Selasa (19/3/2024).

Tahun depan, dia melihat perkiraan belum membaik. Proyeksi lembaga internasional masih berada di kisaran 5% atau di bawah 5%. Namun, Sri Mulyani memastikan pemerintah tetap optimistis dalam hal ini, meskipun tetap realistis.

Sri Mulyani sebelumnya menegaskan pencairan tunjangan hari raya atau THR dan gaji ke-13 akan membantu menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini sebesar 5,2%, khususnya melalui konsumsi. Pemerintah merilis total anggaran yang akan dicairkan mencapai Rp 99,5 triliun.

“Kami harapkan akan meningkatkan daya beli,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, dikutip Selasa (19/3/2024).

Dia berharap pembayaran THR dan Gaji ke-13 ini akan membantu mempertahankan daya beli para ASN. Dia juga meminta ASN untuk menggunakan uang THR dan gaji ke-13 untuk membeli produk dalam negeri. Dengan demikian, kebijakan ini akan ikut mendorong momentum pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Berkaitan dengan hal ini, ekonom senior, Anny Ratnawati, mewanti-wanti pemerintah untuk berwaspada terhadap penurunan daya beli masyarakat. Ia mengatakan bahwa ada tren pertumbuhan ekonomi justru semakin melambat pada kuartal IV.

“Pola ini tentunya harus dibaca betul-betul dengan cermat,” kata Anny.

Anny mengatakan, data pertumbuhan ekonomi pada 2022 mengonfirmasi adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi setiap akhir tahun. Lebih lanjut, ia mencontohkan pada kuartal ke-II tahun 2022, pertumbuhan ekonomi secara tiga bulanan hanya mencapai 3,72%.

Ekspor Jawa Barat Januari 2024 Tumbuh 2,47%

“Dengan adanya paket ini yang bisa berjalan di kuartal III kita berharap bisa menambah 0,2% additional growth sehingga di kuartal IV pertumbuhan ekonomi bisa dijaga di 5,01%, sehingga pada full year 2023 kita harap perekonomian kita tetap akan terjaga di 5,04%,” ujarnya.

Angka pertumbuhan Produk Domestik Bruto kemudian melambat pada kuartal III menjadi 1,83% dan kembali menurun pada kuartal IV menjadi hanya 0,36%.

“Itu melandainya luar biasa,” tegas Anny.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.

Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi