Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% di 2024

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2% di 2024
0
0

Bagikan Postingan:

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,2 persen di 2024. Keyakinan ini melihat realisasi tahun sebelumnya dan terjaganya perekonomian Indonesia di awal 2024.

“Pada 2024, pertumbuhan ekonomi di proyeksikan mencapai 5,2 persen,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers KSSK Kuartal I-2024 di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

Ekonomi Indonesia

Proyeksi pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen itu di dorong oleh penyelenggaraan pemilu secara serentak 2024. Dia meyakini, aktivitas pemilu ini akan berdampak positif pada aktivitas konsumsi masyarakat.

“Ini baik konsumsi pemerintah maupun masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, proyeksi pertumbuhan ekonomi tinggi tahun ini di topang oleh berlanjutnya penguatan investasi. Capaian ini sejalan dengan progres penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) di berbagai wilayah Indonesia.

Sri Mulyani melanjutkan, stabilitas nilai tukar Rupiah masih terjaga, sejalan dengan konsistensi kebijakan moneter yang di tempuh Bank Indonesia. Per Desember 2023, nilai tukar Rupiah secara point to point (ptp) menguat 1,11 persen secara year on year (yoy) di bandingkan akhir tahun sebelumnya.

“Penguatan rupiah dan masuknya aliran capital inflow baik kepada saham atau SBN, menariknya imbal hasil, serta ini membuat kinerja prospek ekonomi Indonesia lebih baik. Ke depan, Rupiah akan tetap stabil dan cenderung menguat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap kuat dan tumbuh di kisaran 4,7 – 5,5 persen.

“Pada 2024, pertumbuhan ekonomi di prakirakan meningkat dalam kisaran 4,7-5,5 persen,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers Hasil RDG Januari 2024, Rabu (17/1/2024).

Prediksi pertumbuhan ekonomi di tahun ini di dukung oleh permintaan domestik, utamanya berlanjutnya pertumbuhan konsumsi, termasuk dampak positif penyelenggaraan pemilu, serta peningkatan investasi khususnya bangunan sejalan dengan berlanjutnya pembangunan PSN termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rupiah Bakal Menguat di Semester II-2024

Sementara itu, kinerja ekspor di prakirakan belum kuat sebagai dampak perlambatan ekonomi global dan penurunan harga komoditas. Di sisi lain, berdasarkan Lapangan Usaha (LU), prospek LU Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, Informasi dan Komunikasi, Konstruksi, serta Transportasi dan Pergudangan di prediksi tetap tumbuh baik.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.

Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi