Ekonomi Indonesia jadi Menengah Atas, Dampaknya Bagi Pasar Keuangan

Ekonomi Indonesia jadi Menengah Atas, Dampaknya Bagi Pasar Keuangan
0
0

Bagikan Postingan:

Indonesia kembali naik kelas menjadi negara ekonomi indonesia berpendapatan menengah atas atau upper middle-income country (UMIC) di tengah kondisi tingginya ketidakpastian global.

Menurut Bank Dunia, GNI per kapita Indonesia naik 9,8% menjadi US$4.580 pada 2022 dari US$4.170 pada 2021. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa peningkatan ini menunjukkan kemajuan ekonomi Indonesia, yang menjadi negara berpendapatan menengah atas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, “Kenaikan pendapatan per kapita adalah indikator positif pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin baik. Ini menunjukkan kemajuan yang signifikan dan progres yang menggembirakan bagi negara kita.” Ujaran tersebut disampaikan usai Rapat Paripurna DPR RI pada tanggal 4 Juli 2023.

Rally 2023 Momentum Promosikan Kawasan Danau Toba

Sri Mulyani mengatakan, naik kelasnya Indonesia juga mendapatkan respons yang positif dari investor dan bondholder. Kondisi ini juga meningkatkan minat investor berinvestasi di pasar SBN Indonesia. Selain itu, imbuhnya, hal positif tersebut juga di harapkan bisa mendatangkan aliran investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) yang semakin deras ke dalam negeri.

“Jadi harusnya progres yang baik memiliki dampak positif ke investasi, pembiayaan, dan terhadap keseluruhan masyarakat Indonesia,” jelasnya. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyampaikan bahwa Indonesia ke kelompok negara berpendapatan menengah atas tidak terlepas dari efektivitas penanganan pandemi, pelaksanaan Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), serta transformasi ekonomi melalui hilirisasi SDA.

“Berbagai instrumen APBN melalui program PC-PEN 2020-2022 berperan penting dalam memberikan bantalan kebijakan di masa krisis pandemi serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Di sisi lain, dampak signifikan kebijakan hilirisasi SDA telah mendongkrak kinerja ekspor dan memperkuat keseimbangan eksternal Indonesia,” katanya.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi