Ekonomi Digital ASEAN Bisa Tumbuh USD 2 Triliun di 2030

0
0

Bagikan Postingan:

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memprediksi pertumbuhan ekonomi digital ASEAN bisa mencapai USD 2 triliun pada 2030. Perkiraan itu dua kali lipat lebih besar dari prediksi yang di rilis Google, Temasek dan Bain & Company, yakni USD 1 triliun.

Menko Airlangga menyampaikan, dalam waktu dekat akan di rilis Digital Economy Framework Agreement (DEFA), yang di harapkan dalam 2 tahu ke depan bisa di sepakati para pihak.

Menurut dia, DEFA bisa turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital ASEAN hingga dua kali lipat, termasuk untuk Indonesia.

ASEAN

“Ekonomi ASEAN saat digitalisasi di tahun depan sekitar USD 300 billion, dan akan menjadi USD 1 triliun di tahun 2030. Dengan adanya Digital Economy Framework Agreement ini di harapkan angkanya menjadi double, menjadi USD 2 triliun di tahun 2030,” ungkapnya dalam Symposium on Digital Economy and Sustainibility di Shangri La Hotel Jakarta, Kamis (24/8/2023).

“Indonesia ini kan 40 persen dari ekonomi digital ASEAN.

Jadi tentu bagi Indonesia sendiri di luar 2030 angkanya bisa naik di USD 300-400 billion,” ujar Menko Airlangga.

Airlangga menilai, proyeksi tersebut turut di sokong jumlah perusahaan rintisan (startup) di Indonesia yang jadi terbesar ketiga di Asia. Sehingga itu di sebutnya tentu jadi andalan negara untuk menyambut pertumbuhan ekonomi digital.

“Tadi saya dengan beberapa startup melihat leadership Indonesia di sektor kesehatan, misalnya startup-nya sudah bisa customer 35 juta. Kemudian juga untuk di industri perikanan, Agrotech sudah bisa ekspor ikan tuna,” tuturnya.

“Demikian juga dengan fintech. Ini beberapa hal yang jadi andalan Indonesia dalam digitalisasi, terutama juga untuk mendorong financial inklusif dan pengembangan pemberdayaan small medium enterprise (UMKM),” kata Airlangga.

Wakil Ketua Umum KADIN bidang Komunikasi dan Informatika Firlie H Ganinduto, memprediksi dalam 5 tahun ke depan ekonomi digital Indonesia akan terus berkembang pesat dan mampu mencapai Rp 3.216 triliun pada tahun 2027.

Pertanian Indonesia Mainkan Peran Penting di ASEAN

“Prediksi ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan ukuran ekonomi digital di perkirakan meningkat 128 persen dalam periode 5 tahun,” kata Firlie

dalam Raker Kadin Bidang Komunikasi dan Informatika, di Jakarta, Senin (19/6/2023).

GDP Indonesia

Selain itu, pihaknya juga memprediksi pada tahun 2027 sektor ekonomi digital akan meningkat sekitar 14 persen dari total GDP Indonesia

sehingga pertumbuhan GDP Indonesia akan tumbuh Rp 23.533 triliun.

“Kontribusi ini di harapkan semakin meningkat, serta menempatkan ekonomi digital sebagai salah satu sumber pertumbuhan bagi Indonesia di tahun 2045,” ujarnya.

Dalam catatan Firlie, pada tahun 2022, ukuran ekonomi digital Indonesia mencapai Rp 1.408 triliun atau setara dengan sekitar 8 persen dari GDP Indonesia pada tahun tersebut.

Artinya, adopsi teknologi yang semakin luas di berbagai sektor telah mendorong pertumbuhan sektor ekonomi digital dan memberikan kontribusi yang signifikan

terhadap perekonomian negara.

Dengan adanya pertumbuhan yang pesat dalam sektor ekonomi digital, Indonesia di harapkan menjadi salah satu pemain utama dalam ekonomi digital di Asia Tenggara,

sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru, mendorong Inovasi dan memperkuat daya saing negara dalam skala Global.

Kendati demikian, pertumbuhan digitalisasi di sektor ekonomi digital di Indonesia saat ini belum di ikuti oleh literasi digital yang mumpuni,

utamanya literasi di sektor keuangan digital masih rendah di masyarakat.

Di sisi lain, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga data pribadi, kesadaran pengusaha dalam menerapkan langkah-langkah untuk melindungi data pribadi konsumen,

sekaligus juga menerapkan langkah-langkah teknik keamanan cyber masih belum tinggi.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi