Dorong Ekonomi Daerah, 62 UMKM Ikuti “Explore Babel 2023”

0
0

Bagikan Postingan:

Sebanyak 62 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ambil bagian dalam kegiatan “Explore Babel 2023” yang di gelar di Lapangan Merdeka Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

UMKM yang berasal dari tujuh kabupaten/Kota di Bangka Belitung berpartisipasi memamerkan produk pakaian (fashion), makanan (food) dan kriya (craft).

Hadir juga dalam pameran tersebut UMKM dengan produk hilirisasi pangan dan hortikultura dari klaster kelompok wanita tani dan PKK binaan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini sejalan dengan upaya mendorong stabilitas harga dan ketahanan pangan melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

“Sebagai wujud akselerasi transaksi digital UMKM, seluruh booth UMKM menyediakan transaksi non-tunai menggunakan kanal pembayaran QRIS,” kata Kepala Perwakilan BI Bangka Belitung Faturachman pada awak media, Senin (17/7/2023).

Kegiatan “Explore Babel 2023” juga menghadirkan narasumber tingkat nasional dalam talkhsow bertajuk “Explore Pariwisata dan Kuliner Bangka Belitung”.

Faturachman menuturkan, salah satu kunci keberhasilan dalam program promosi pariwisata dan kuliner daerah adalah promosi digital melalui media sosial yang melibatkan para travel content creator, food vlogger, influencer, dan pegiat sosial media lainnya.

Ada pun pada hari kedua acara, di laksanakan perlombaan mewarnai tingkat TK dan SD, lomba cerdas cermat SMP dan SMA, serta lomba memasak kuliner khas Bangka Belitung yang melibatkan ibu rumah tangga dan PKK se-Bangka Belitung. Terakhir, kegiatan di tutup dengan agenda jalan sehat dengan experience scan QRIS 1 rupiah.

Bank Indonesia berharap kegiatan “Explore Babel 2023” dapat mendorong semangat bangga produk dan pariwisata lokal serta sebagai langkah nyata sinergi dan inovasi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Borobudur Jadi Salah Satu Andalan RI Geber Industri Pariwisata

Tingkatkan daya saing dan wisata Babel

Pada kesempatan itu juga di lakukan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI, Bank Mandiri, BNI, dan Bank Sumsel Babel kepada pelaku UMKM, penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), fashion show, talkshow mengenai kuliner dan pariwisata Babel, showcasing UMKM, perlombaan, demo masak serta experience scan QRIS 1 rupiah yang melibatkan masyarakat Bangka Belitung.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S Budiman berharap event Flagship ini dapat terus menjadi wadah bagi Bangka Belitung untuk dapat terus membangun semangat sinergi dan kolaborasi dalam meningkatkan daya saing sektor-sektor potensial, khususnya sektor UMKM dan pariwisata.

Turut hadir pula secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno dan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki yang mengapresiasi penuh sinergi Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah dalam mengembangkan pariwisata, ekonomi kreatif serta berperan aktif meningkatkan kapasitas UMKM.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi