Daya Saing Indonesia Melompat 10 Peringkat

0
0

Bagikan Postingan:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tingkat kompetitif atau Daya Saing Indonesia di tingkat global atau Competitiveness Index naik di 2023 menjadi peringkat ke-34 dari sebelumnya 44. Hasil itu di rilis oleh lembaga akademik Swiss yakni International Institute for Management Development (IMD).

“Naik 10 peringkat, ini masuk dalam kategori tertinggi di dunia karena lompatannya 10 peringkat,” kata Jokowi dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional HIPMI ke-XVIII di ICE BSD, Tangerang, Kamis (31/8/2023).

Dari komponen yang menjadi indikator, infrastruktur menjadi yang paling berdaya saing. “Daya saing kita yang paling bagus memang di infrastruktur. Sekarang ini kita dinilai bagus dalam infrastruktur,” tambah Jokowi.
Selain itu, Jokowi menjelaskan efisiensi bisnis di Indonesia juga melesat 11 peringkat. Kemudian efisiensi pemerintah naik 4 peringkat.

“Yang paling bagus adalah performa ekonomi, ini naik 13 peringkat dari sebelumnya 42 ke 29,” tutur Jokowi.

Capaian positif tersebut menurutnya harus dilanjutkan agar Competitiveness Index Indonesia semakin baik. Dengan begitu Indonesia memiliki kemampuan saat persaingan antar negara begitu ketat.

“Persaingan kompetisi negara betul-betul sengit sekali baik dalam memperebutkan pasar ekspor, memperebutkan investasi, semuanya,” ucap Jokowi.

Minyak Sawit Indonesia Jadi Rebutan India, Pakistan, dan China

Sebagai informasi, nilai daya saing Indonesia mencapai skor 70,75. Hal itu membuat Indonesia berhasil mengungguli Jepang yang berada di posisi ke-35 dengan perolehan skor 67,64.

Indonesia juga berhasil mengungguli Spanyol yang menduduki peringkat ke-36 dengan skor 67,22. Meski begitu, Indonesia masih tertinggal dari negara tetangga yakni Malaysia yang menduduki peringkat 27 dengan skor 75,75.

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +628111194951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi