Cara Membuat Website Anda Ramah Pengguna dengan Desain Universal

0
0

Bagikan Postingan:

Dalam era digital seperti sekarang, website menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan brand awareness dan keberadaan sebuah bisnis. Namun, tidak semua website dapat di akses dengan mudah oleh semua pengguna, terutama bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus seperti tunanetra atau cacat fisik. Oleh karena itu, penting untuk membuat website yang ramah pengguna dengan desain universal agar dapat diakses oleh semua orang, tanpa terkecuali.

Desain universal adalah konsep desain yang di rancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna sebanyak mungkin, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik dan inklusif bagi semua orang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat website Anda ramah pengguna dengan desain universal.

  1. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Penting untuk menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh semua pengguna, terutama mereka yang bukan penutur asli bahasa atau memiliki kesulitan membaca dan memahami informasi. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau khusus, dan gunakan kalimat yang singkat dan jelas. Hal ini akan membantu pengguna untuk memahami informasi dengan mudah dan membuat website Anda lebih ramah pengguna.

  1. Gunakan Warna yang Kontras

Ketika merancang website, pastikan untuk menggunakan warna yang kontras agar mudah di baca oleh pengguna dengan masalah penglihatan atau warna. Gunakan warna yang berbeda untuk teks dan latar belakang, dan hindari menggunakan warna yang terlalu pucat atau terang. Warna yang kontras akan membantu pengguna untuk membaca informasi dengan mudah dan membuat website Anda lebih mudah digunakan.

  1. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Pilih font yang mudah di baca oleh semua pengguna, terutama mereka yang memiliki masalah penglihatan. Hindari menggunakan font yang terlalu kecil atau terlalu dekoratif. Pilih font yang sederhana dan mudah di baca seperti Arial, Verdana, atau Times New Roman. Hal ini akan membantu pengguna untuk membaca informasi dengan mudah dan membuat website Anda lebih ramah pengguna.

  1. Gunakan Alt Text pada Gambar

Pastikan untuk menggunakan alt text pada semua gambar di website Anda. Alt text adalah deskripsi teks singkat yang di gunakan untuk menjelaskan isi gambar kepada pengguna yang tidak dapat melihat gambar karena masalah penglihatan atau koneksi internet yang buruk. Alt text akan membantu pengguna untuk memahami informasi dengan mudah dan membuat website Anda lebih ramah pengguna.

Masa Depan Sosial Media, Prediksi Inovasi dan Perubahan di Tahun 2023

  1. Gunakan Desain Responsif

Pastikan untuk menggunakan desain responsif pada website Anda, sehingga website dapat di akses dengan mudah melalui semua perangkat, termasuk ponsel dan tablet. Desain responsif akan membantu pengguna untuk membuka website dengan mudah, tanpa harus memperbesar atau memperkecil layar. Hal ini akan membuat website Anda lebih mudah di gunakan dan lebih ramah pengguna.

  1. Gunakan Struktur yang Jelas

Pastikan untuk menggunakan struktur yang jelas pada website Anda, dengan menggunakan judul dan subjudul yang jelas dan mudah di pahami.

  1. Pilih Warna dengan Bijak

Pemilihan warna yang tepat dapat membuat website Anda lebih menarik dan menarik perhatian pengguna. Namun, terlalu banyak warna atau warna yang tidak sesuai dapat mengganggu dan membuat website Anda terlihat berantakan.

Pilihlah warna yang cocok dengan merek Anda dan sesuai dengan tema website Anda. Pastikan juga untuk mempertimbangkan kontras warna untuk memudahkan pembacaan dan navigasi pengguna.

  1. Gunakan Font yang Mudah Di baca

Pemilihan font yang tepat dapat membuat website Anda mudah di baca dan meningkatkan pengalaman pengguna. Pastikan untuk menggunakan font yang mudah di baca dan tidak terlalu kecil. Hindari font yang terlalu rumit atau dekoratif karena bisa sulit di baca dan membingungkan.

  1. Gunakan Gambar yang Berkualitas Tinggi

Gambar berkualitas tinggi dapat memperindah tampilan website Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna. Pastikan untuk menggunakan gambar yang sesuai dengan konten dan tema website Anda. Hindari menggunakan gambar yang terlalu kecil atau buram karena dapat mengganggu pengguna dan membuat website Anda terlihat tidak profesional.

  1. Optimalkan untuk Perangkat Mobile

Dengan semakin banyaknya pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile, penting untuk memastikan bahwa website Anda di optimalkan untuk perangkat mobile. Pastikan website Anda memiliki tampilan yang responsif dan mudah di akses melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Dalam membangun website yang ramah pengguna dengan desain universal, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi semua pengguna. Dengan memastikan website Anda mudah di akses, mudah di gunakan, dan mudah di pahami oleh semua pengguna, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membangun merek yang kuat dan dapat di andalkan.

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional. Paket

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

Video Terbaru

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya. Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi