Berlatih 3 Bulan, Indonesia Pecahkan Rekor Pertunjukan Angklung Terbesar di Dunia

0
0

Bagikan Postingan:

Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) menggelar kesenian angklung untuk pemecahan rekor dunia Guinness World Records sebagai pertunjukan angklung terbesar di dunia. Acara ini di gelar di Gelora Bung Karno pada Sabtu 5 Agustus 2023.

Pemecahan rekor dunia ini juga menjadi side events dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 yang mengangkat tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Rekor Dunia

Alat musik tradisional angklung di perkirakan telah dimainkan sejak abad ke-12 dan menjadi warisan budaya Indonesia yang telah mendunia.

Dalam pertemuan Komite UNESCO pada Fifth Session of the Intergovernmental Committee tahun 2010, angklung juga telah memperoleh pengakuan dunia sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia atau Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dari UNESCO pada 16 November 2010 yang kemudian diperingati sebagai Hari Angklung Sedunia.

2 UMKM yang Berhasil Tingkatkan Omzet dan Masuk Pasar Ekspor

Di hadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin berikut sejumlah Menteri, kegiatan yang di ikuti oleh 15.110 peserta tersebut berhasil memperoleh Guinness World Records sebagai The Largest Angklung Ensemble dengan memecahkan rekor pertunjukan angklung terbesar sebelumnya dengan 5.182 peserta di Amerika Serikat pada 2011.

Setelah berlatih penuh selama 3 bulan, seluruh peserta dengan harmonis dan kompak berhasil memainkan dua buah lagu yakni Berkibarlah Benderaku dan Wind of Change.

Seluruh peserta berasal dari OASE-KIM, TNI, Polri, Pelajar, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, PKK, Dharma Wanita, Kementerian dan Lembaga, Komunitas Angklung, serta organisasi wanita lainnya.

Dalam kesempatan Pertunjukan Angklung Terbesar di Dunia yang turut di hadiri oleh Ibu Yanti Airlangga dan Ibu Anna Susiwijono tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga tidak ketinggalan untuk ikut berkontribusi dalam pagelaran tersebut dengan melibatkan 80 orang dari perwakilan Dharma Wanita Persatuan dan pegawai.

Tim Kemenko Perekonomian sendiri telah melaksanakan beberapa kali latihan termasuk latihan gabungan bersama sejumlah Kementerian/Lembaga lain untuk memberikan penampilan yang optimal.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi