Berkat Pembangunan Infrastruktur, Daya Saing Indonesia Naik 10 Level

0
0

Bagikan Postingan:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, daya saing Indonesia naik 10 peringkat menjadi posisi 34 dari sebelumnya di posisi 44 pada tahun 2022. Kenaikan tersebut di dorong oleh pembangunan infrastruktur yang terus di percepat.

“Berdasarkan International Institute for Management Development, daya saing kita Infrastruktur di tahun 2022, sebelumnya ranking 44, tahun kemarin kita sudah masuk ke ranking 34. Kenaikan 10 (peringkat) itu kenaikan tertinggi di dunia dan salah satunya karena urusan infrastruktur,” kata Jokowi dalam Main Event Sewindu PSN-Infrastructure forum, di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2023).

Proyek Strategis

Jokowi mencatat selama delapan tahun PSN berjalan, 161 proyek strategis nasional (PSN) telah selesai dan mampu menyerap 11 juta tenaga kerja.

Menurutnya, kenaikan jumlah tenaga kerja menjadi salah satu faktor yang mendorong peningkatan daya saing Indonesia.

Maka untuk terus meningkatkan daya saing Indonesia ke depannya, Presiden Jokowi meminta agar seluruh PSN bisa diselesaikan pada semester I-2024. Selain itu, Jokowi sekaligus meminta agar Kementerian dan lembaga terkait bisa betul-betul mengawasi pembangunan PSN supaya tidak ada yang mangrak.

“Jangan sampai ada yang mandek apalagi mangkrak, lihat betul. Sekali lagi, jangan sampai ada yang mangkrak, cek betul. Teliti betul akar masalahnya apa, kalau ada masalah, beri tenggat waktu,” kata dia.

Ekonomi Indonesia Bakal Salip Rusia pada 2025

Menurutnya, jika ada persoalan harus segera di selesaikan di cari solusi, termasuk polemik yang terjadi di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, di mana masyarakat menolak relokasi atas rencana pemerintah yang akan membangun kawasan Rempang Eco City, di pulau Rempang tersebut. Alhasil, bentrok antara masyarakat dengan polisi tak bisa terelakan.

Potensi Market

“Jika ada persoalan, jika ada permasalahan baik soal lahan, pembiayaan anggaran, urusan perizinan, tolong segera di komunikasikan. Segera cari solusi-solusi inovatifnya dan ini selalu saya ingatkan, jangan justru malah menggunakan pendekatan yang represif kepada masyarakat,” pungkasnya.

Insfrastruktur kawasan Asia Tenggara di yakini memiliki potensi untuk terus mengembangkan market dan meningkatkan tingkat kompetitif logistik di kancah global. Perkembangan industri e-commerce yang semakin pesat di tambah dengan tren bisnis berkelanjutan ramah lingkungan, akan menjadi tantangan sekaligus peluang menjanjikan.

Pembahasan sektor logistik ini di ulas dengan intens dalam rangkaian event ASEAN Indonesia 2023, Bloomberg Executive Lunch Session “Navigating The ASEAN’s Logistics Landscape, Overcoming Complexity for Success” dengan pembicara antara lain; CEO PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Jodi Mahardi, pengamat ekonomi politik Asmiati Malik, dan Managing Partner McKinsey Indonesia Khoon Tee Than.

“Bisa dilihat dengan jelas bahwa di Asia Tenggara, market industri logistik sedang berkembang pesat pada saat ini,” papar Jodi, dikutip Minggu (10/9/2023).

Perkembangan ini didorong antara lain berkembangnya industri e-commerce, konektivitas sambungan berkecepatan tinggi yang terus tumbuh, dan digitalisasi. Dengan rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan dari 2023 hingga 2030 sebesar 10,7% , menurut Jodi, ini juga bisa menjadi peluang tumbuhnya pendapatan di sektor perkapalan.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi