Berkat Hilirisasi Nikel, Ekonomi Maluku Utara Tokcer

1
0

Bagikan Postingan:

Ekonom Josua Pardede menyebut, masa depan ekonomi Indonesia ada di Maluku Utara. Salah satunya karena di sana ada industri hilirisasi nikel.

“Pertumbuhan ekonomi Maluku Utara pada tahun 2022 sebesar 23,4 persen adalah yang tertinggi di Indonesia dan menurut data itu di dorong oleh industri hilirisasi nikel,” kata Joshua dalam keterangannya usai acara diskusi bertajuk Ngobrol Asyik di Ternate, Selasa (11/4/2023).

Maluku Utara, kata dia, punya cadangan nikel yang bisa diolah menjadi bahan baku baterai mobil listrik untuk 73 tahun ke depan. Karena itu, wilayah ini bisa menjadi motor pertumbuhan ekonomi nasional dan menjadi rantai terpenting dalam industri otomotif berbasis listrik dunia.

Sebanyak 99,76 persen cadangan nikel Indonesia tersebar di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua atau disebut Sulampua. Sampai dengan tahun 2021, kata Josua, total cadangan nikel Sulampua mencapai 4,6 miliar ton.

https://nusantarawanhebat.com/artikel/berkah-ramadhan-2023-industri-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-ketiban-rezeki-rp-150-triliun/

Dari sisi produksi, tahun 2021 produksi nikel Indonesia mencapai 1 juta ton atau tertinggi di dunia. Permintaan olahan nikel global diperkirakan mencapai 3,2 juta ton di tahun 2024, di dorong oleh upaya pengurangan emisi melalui transisi energi yang lebih ramah lingkungan.

Produksi Nikel

Sejalan dengan hal tersebut, lanjutnya produksi pertambangan nikel dunia di prakirakan mencapai 3,4 juta ton di tahun 2024. Adapun industri pengolahan nikel Indonesia di perkirakan menyumbang 1,4 juta ton lebih dari 40 persen produksi global.

Sepanjang periode 2017 sampai Triwulan I 2022, kontribusi Sulampua terhadap PMA Logam Dasar dan Barang Logam mencapai 80,8 persen atau USD 22,1 miliar. Dari sisi PMDN, kontribusi Sulampua terhadap nasional mencapai 15,4 persen atau Rp 9,4 triliun.

Sejalan dengan investasi itu, industri pengolahan Maluku Utara tumbuh signifikan. Struktur ekonomi pun berubah dari sebelumnya di dominasi oleh pertanian dan pertambangan menjadi industri pengolahan yang mengolah hasil tambang bijih mineral.

Peralihan dari sektor pertanian ke sektor industri pengolahan juga terlihat dari proporsi tenaga kerja sektor industri pengolahan yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

“Peralihan tenaga kerja yang menghasilkan output yang lebih tinggi mendorong produktivitas tenaga kerja serta jumlah pekerja di Maluku Utara,” tambah Josua.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

1 komentar untuk “Berkat Hilirisasi Nikel, Ekonomi Maluku Utara Tokcer”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat - 28,5 Km Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Bisa Dilalui Saat Arus Balik Mudik Lebaran 2023

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi