Berkah Ramadhan 2023, Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ketiban Rezeki Rp 150 Triliun

0
0

Bagikan Postingan:

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah di cabut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akhir 2022. Pencabutan ini tentu saja menjadi angin segar bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Lebaran 2023 akan memberikan dampak positif pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia. Salah satunya membantu mencapai target 1,4 miliar kunjungan wisawatan nusantara (wisnus).

Libur Lebaran

Terutama di libur Lebaran kali ini. Di prediksi pergerakan pemudik kali ini akan mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah hingga mencapai 123 juta orang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa musim mudik kali ini menjadi berkah tak ternilai setelah pembatasan selama bertahun-tahun.

Bahkan, bila di bandingkan dengan tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19 melanda, peningkatan ekonomi dari sektor pariwisata tercatat naik hingga lebih dari 10 persen di tahun 2022.

Selain itu, adanya Tunjangan Hari Raya (THR), di tambah tabungan masyarakat yang telah di simpan sejak masa pandemi untuk berwisata, akan memberikan andil pada melonjaknya perekonomian pada 2023.

https://nusantarawanhebat.com/artikel/nusantarawan-hebat-dukung-kerajinan-daerah/

Sandiaga Uno memperkirakan, perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat momen mudik dan libur Lebaran 2023 bisa tembus Rp 150 triliun. Angka ini meningkat hampir dua kali lipat dari libur lebaran tahun lalu.

Ia pun memprediksi wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur akan ‘merajai’ pariwisata saat libur Lebaran tahun ini, begitu pula kawasan Bali, Lombok, dan Labuan Bajo untuk Indonesia bagian timur.

Sementara, negara-negara di Timur Tengah dan Eropa Timur seperti Belanda, Inggris, Prancis, dan Italia juga menjadi sasaran masyarakat Indonesia untuk menghabiskan liburan Idul Fitri pada 2023.

“Maka kita menargetkan perputaran ekonomi di sektor parekraf tahun ini antara Rp 100 sampai 150 triliun. Mudah-mudahan ini bisa membangkitkan ekonomi di daerah selama periode mudik libur Lebaran,” katanya dalam konferensi pers Mudik Kesiapan 2023 di Gedung Sapta Pesona, ditulis Selasa (4/4/2023).

Untuk mencapai target tersebut, Sandiaga menargetkan pergerakan wisatawan nusantara mencapai 300 sampai 350 juta jiwa saat libur Lebaran. Angka ini setara 25 persen dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan nusantara tahun ini.

Terlebih, data Kementerian Perhubungan menyebutkan ada 123,8 juta wisatawan yang akan melakukan perjalanan saat libur lebaran 2023. “Angka 123,8 juta ini merupakan kenaikan dari tahun lalu yang menghasilkan sekitar Rp70 triliun,”ucapnya.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

1 komentar untuk “Berkah Ramadhan 2023, Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ketiban Rezeki Rp 150 Triliun”

  1. Pingback: Nusantarawan Hebat - Berkat Hilirisasi Nikel, Ekonomi Maluku Utara Tokcer

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi