ASEAN : Indo Pasifik Harus Jadi Platform untuk Kolaborasi

0
0

Bagikan Postingan:

Kolaborasi negara-negara ASEAN dan Amerika Serikat di nilai akan menguntungkan kedua belah pihak. Di sisi lain, kerja sama indo Pasifik komitmen bersama juga bisa menciptakan kawasan Indo Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera.

Presiden RI Joko Widodo menyebut kawasan Indo Pasifik harus menjadi platform bagi kolaborasi pada KTT ASEAN-AS, Rabu (6/9/2023).

“ASEAN telah sepakat untuk terus menjalankan fungsinya sebagai lokomotif perdamaian dan stabilitas kawasan, di mana Indo-Pasifik harus menjadi platform bagi kolaborasi,” kata Jokowi.

Ajakan ASEAN

“Oleh sebab itu, ASEAN mengajak Amerika Serikat untuk menjadi positive force dalam menciptakan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera melalui kerja sama konkret yang inklusif.”

Jokowi juga menekankan bahwa Asia Tenggara merupakan kawasan yang sangat menjanjikan yang di prediksi pada tahun 2045 menjadi urat nadi perdagangan internasional dan berkontribusi 5,4% terhadap GDP dunia.

“Oleh sebab itu, kemitraan yang kokoh dan sustainable antara ASEAN dan Amerika Serikat tentu tidak hanya menguntungkan ASEAN, tapi juga akan menguntungkan Amerika Serikat.”

“Namun kemitraan tersebut hanya akan terwujud jika terdapat komitmen kuat dari kedua belah pihak dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.”

Sementara itu, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris mengatakan bahwa AS memiliki komitmen jangka panjang di Asia Tenggara.

Menurutnya, Amerika Serikat mempunyai kepentingan besar dalam masa depan Indo Pasifik.

“Kami memiliki ikatan bersejarah dan nilai-nilai yang sama dengan banyak masyarakat dan negara ASEAN serta aliansi hingga kemitraan kami, untuk mendukung keamanan hingga kemakmuran.”

Di sisi lain, Kamala Harris juga menekankan soal pertahanan AS di kawasan Indo Pasifik.

“Kami ingin memastikan stabilitas regional. Oleh karena itu, hal ini merupakan kepentingan utama kita, yaitu kawasan yang terbuka, saling terhubung, sejahtera, aman, dan berketahanan.”

Indo Pasifik

“ASEAN adalah pusat komitmen Amerika Serikat terhadap Indo Pasifik. Seperti yang di jelaskan dari strategi Amerika Serikat dan wilayah Pasifik. Kami berkomitmen terhadap ASEAN dan saya senang bahwa visi kolektif kami untuk Indo Pasifik memiliki keselarasan yang kuat.”

AS juga berkomitmen untuk terus mengembangkan kerja sama dengan Asia Tenggara. Selain telah berinvestasi di pembangunan infrastruktur dan ekonomi digital, telah di luncurkan pula inisiatif utama untuk mengatasi krisis iklim, keamanan, kesehatan, serta budaya dan program pertukaran pelajar.

“Hari ini dengan gembira saya mengumumkan bahwa kami akan membangun, melalui KPBU, Pusat AS-ASEAN yang pertama di Washington DC. Pusat ini akan memfasilitasi interaksi pejabat-pejabat ASEAN dan mendukung kerja sama antarwarga, antarpebisnis, dan antarinstitusi akademik,” tutur Kamala.

Untuk memperkuat hubungan ASEAN-AS, Kamala juga menyampaikan Duta Besar AS untuk ASEAN Yohannes Abraham juga berada di Jakarta. Yohanes ini adalah penasihat Presiden Biden dan Harris sejak lama. Di harapkan ada kemajuan dalam berbagai isu yang di bahas.

Kamala juga menyambut Timor Leste yang hadir dalam KTT. “AS akan terus mendukung Timor Leste dan upayanya menjadi anggota ASEAN,” tambahnya.

Mari bergabung bersama https://nusantarawanhebat.com dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 811-1194-951

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi