Apa Itu Tags WordPress

0
0

Bagikan Postingan:

WordPress merupakan CMS untuk membuat website.

Bagi yang baru pertama kali menggunakannya, mereka pasti akan kebingungan dengan sejumlah istilah tool dan fitur, termasuk ketika membuat konten. Ada banyak fitur yang bisa di maksimalkan dalam membuat konten yang SEO-friendly, salah satunya adalah tags. Sebenarnya, apa itu tags? Dan bagaimana cara menggunakannya?

WordPress tags adalah satu dari sekian banyak tool atau fitur yang di gunakan untuk mengelompokkan postingan atau konten berdasarkan pada suatu kesamaan. Biasanya tags terletak di bawah post atau pada sidebar. Ketika pengunjung blog atau website mengklik tag tertentu, WordPress akan mengarahkannya ke halaman arsip (halaman tag) – mengindeks semua post dan custom post type dengan tag yang sama.

Tag berperan penting dalam mengorganisir konten blog atau website. Fitur ini berdampak secara langsung pada pengalaman user (user experience) dan juga SEO.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan tag WordPress serta tips tambahan SEO untuk halaman tag.

Tag di WordPress

Secara teknis, kategori dan tag merupakan taksonomi WordPress. Sederhananya, kedua fitur tersebut berfungsi dalam mengklasifikasikan post. Namun, kategori dan tag di terapkan dengan cara yang berbeda. Berikut perbedaan penggunaan keduanya:

  1. Umum vs Khusus

Perbedaan utama kategori dan tag terletak pada seberapa luas cakupan topiknya. Kategori mengelompokkan post berdasarkan topik konten, sedangkan tag mengacu pada informasi yang lebih spesifik pada konten.

Untuk lebih jelasnya, kami akan mencontohkan blog makanan. Katakanlah kategori yang ada di blog tersebut adalah Tur Kuliner, Resep Masakan, Tips, dan Informasi Kuliner atau Makanan.

Suatu ketika Anda menulis artikel berjudul “Resep Olahan Beef Wellington Terlezat”. Nantinya artikel ini akan di kelompokkan ke kategori Resep. Untuk tagnya, Anda bisa menggunakan beef, daging sapi, Gordon Ramsay, pastry, dan lain sebagainya.

  1. Wajib vs Opsional

Hal lain yang membedakan kategori dan tag adalah seberapa wajibnya kedudukan atau posisi kedua taksonomi tersebut di postingan Anda. Kategori bersifat wajib, sedangkan tag opsional.

Jika tidak ada kategori yang di buat, maka WordPress akan secara otomatis mengelompokkan konten ke Uncategorized.

  1. Parent-child Relationship vs Entitas Mandiri

Perbedaan terakhir kategori dan tag terletak pada hubungan hirarkinya. Kategori bersifat hirarkis, yang artinya Anda dapat membuat child category atau subcategory setelah parent category.

Sebagai contoh: di bawah kategori Resep, Anda dapat menambahkan beberapa subcategory, misalnya Hidangan Pembuka, Hidangan Utama, Hidangan Penutup, dan Rencana Menu Diet.

Di bawah subcategory Rencana Menu Diet, Anda bisa menambahkan subcategory lainnya, seperti Makanan Rendah Karbohidrat, Makanan Rendah Gula, dan Makanan Rendah Lemak.

Berbeda dengan kategori, tag sama sekali tidak memiliki parent-child relationship. Setiap tag yang ditambahkan berdiri sendiri dan tidak ada tingkatannya.

Selain tiga ketidaksamaan di atas, kategori dan tag juga memunculkan permalink yang berbeda. Untuk melihat perbedaannya, Anda harus menjalankan struktur custom permalink. Setelah struktur custom permalink diaktifkan, prefix dasarnya akan terlihat seperti ini:

http://contohwebsite.com/category/resep/

atau

http://contohwebsite.com/category/tags/resep

Meskipun dari segi penggunaan kedua taksonomi tersebut berbeda, Anda tetap bisa menambahkan kategori dan tags pada post. Satu post bisa saja memiliki satu atau dua kategori dengan sejumlah tag.

Tag dan SEO WordPress

WordPress tags adalah fitur yang sangat signifikan dan berpengaruh terhadap SEO situs. Jika tahu cara menggunakannya, taksonomi yang di kelola dengan baik, seperti tags, akan menaikkan peringkat SEO.

Hanya saja, ada satu hal yang harus diingat bahwa terkadang tags akan membawa kerugian bagi SEO situs.

Apabila berbicara soal SEO, WordPress merupakan CMS yang SEO-friendly. Setelah berhasil di install,WordPress akan melengkapi website Anda dengan berbagai fitur SEO bawaan sehingga situs dapat muncul di halaman pertama search engine atau mesin pencari.

Fitur-fitur bawaan tersebut menjadi semacam panduan bagi mesin pencari untuk mengindeks postingan atau konten, halaman, kategori, dan tags serta menyimpan informasi di database.

Jika Anda tidak memahami cara kerja tags, maka proses indeks akan kacau. Ada beberapa kesalahan yang sering kali tidak di sadari.

Pertama, mengetikkan kata atau nama yang sama untuk kategori dan tag. Alhasil, akan ada dua nama yang sama untuk halaman kategori dan tag. Misalnya, jika Anda memasukkan kata “Resep” baik di tag maupun kategori, maka mesin pencari akan kebingungan mana yang harus di beri peringkat terlebih dulu.

Kedua, kesalahan pemberian nama juga berlaku dalam bentuk jamak (jika Anda membuat kategori dan tag dalam bahasa Inggris). Contohnya, tidak ada bedanya antara “Recipes” atau “Recipe” meski terdapat penambahan S. Jadi, Anda harus memilih salah satu, entah itu Recipes atau Recipe, untuk di gunakan sebagai tag.

Halaman tag tidak punya konten yang unik, yang ada hanyalah kutipan post. Konten yang unik tersedia di setiap halaman post. Karena itulah, mesin pencari akan cenderung menelusuri (crawl) berbagai halaman post daripada halaman tag.

Setelah menambahkan tag baru, WordPress akan secara otomatis membuat halaman tag.

INFO PENTING!

Untuk sobat Nusantarawan yang masih bingung untuk pembuatan website, kami siap membantu dan menyediakan jasa pembuatan website, klik disini jika minat www.nusantarawanhebat.com

Jika anda bingung mencari jasa website. Kami menyediakan jasa website yang terpercaya dan professional.

Tertarik Punya Website Professional Sendiri? Klik Untuk Info Jasa Pembuatan Website Termurah!

Video Terbaru 

Mari bergabung bersama Nusantarawan Hebat dan maju bersama sejahterakan ekonomi Indonesia. Wujudkan Indonesia sejahtera masyarakatnya.
Dapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Nusantarawan Hebat.

Info lebih lanjut:

Email : [email protected]
Facebook : Nusantarawan Hebat
Youtube : Nusantarawan Hebat – N1H
Instagram : Nusantarawanhebat 
Tiktok : @nusantarawanhebatn1h 
Twitter : @NusantarawanN1H 
Linkedin : Nusantarawan Hebat
Whatsapp: +62 878-8188-110

Rekomendasi untuk Anda

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

Artikel Terpopuler

Tetap Terkoneksi